alexametrics

Deretan Prediksi Film Fiksi Ilmiah Lawas yang Akhirnya Jadi Kenyataan

loading...
Deretan Prediksi Film Fiksi Ilmiah Lawas yang Akhirnya Jadi Kenyataan
Film Total Recall menampilkan pengemudi yang merupakan avatar untuk pengemudi taksi tanpa sopir. Dan sekarang banyak bermunculan mobil self-driving. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Banyak film fiksi ilmiah yang beredar, khususnya yang berasal dari Hollywood, AS. Dalam film, mereka banyak memberikan gambaran teknologi yang dipercaya akan digunakan di masa depan.

Gambaran teknologi yang diberikan ada yang tepat dan ada juga yang meleset. Nah di antara film fiksi yang menjadi kenyataan di masa depan, tercatat ada sembilan film.

Di lansir dari laman Business Insider, berikut ini adalah sembilan prediksi dari film fiksi ilmiah lama yang benar-benar menjadi kenyataan:



Perjalanan Ruang Aangkasa, Le Voyage Dans La Lune, 1902
Deretan Prediksi Film Fiksi Ilmiah Lawas yang Akhirnya Jadi Kenyataan

Meskipun relatif tidak dikenal oleh penonton film arus utama, penggemar sci-fi tidak akan kesulitan mengenali film 1927, ikon "Metropolis".

Dari sudut pandang 2019, film ini tidak mudah ditonton karena film ini sunyi, hitam-putih yang berjalan lebih dari dua jam. Dan Metropolis memecahkan banyak masalah, termasuk penggambaran robot pertama di layar.

Dalam film tersebut, seorang penemu dengan kemiripan 1920-an yang luar biasa dengan Doc Brown membuat robot humanoid metalik yang kemudian "disinkronkan" menyerupai Maria, seorang tokoh dalam film tersebut.

Hari ini, kita menerima robot yang tak terhindarkan dan bahkan android seperti manusia. Tapi seperti novel pada saat itu, di masa sekarang kita dibanjiri dengan android yang semakin realistis.

Pada 2014, Jepang menyaksikan debut "Kodomoroid", penyiar robot. Lalu Profesor Universitas Osaka, Hiroshi Ishiguro telah meluncurkan android bernama Erica yang sangat realistis.

Pada saat yang sama, robot seperti Atlas Boston Dynamics dan Asimo Honda menunjukkan bahwa berjalan, berlari, membuka pintu, dan bahkan senam ada di menu robot.

Earbud, Fahrenheit 451, 1966
Deretan Prediksi Film Fiksi Ilmiah Lawas yang Akhirnya Jadi Kenyataan

Novel ikonis Ray Bradbury, "Fahrenheit 451", telah lama menjadi bacaan wajib bagi siswa sekolah menengah di mana-mana. Lalu François Truffaut mencoba membuat versi film pada 1966.

Ada teknologi yang menarik dalam film ini yang memprediksi kebangkitan earbud dan budaya earbud modern. Dalam Fahrenheit 451, "kerang laut" dideskripsikan sebagai radio bidal yang dipadatkan dengan ketat.

Pada 1966 audio paling pribadi tersedia adalah radio transistor. Dan meskipun headphone ada, mereka adalah urusan besar. Bradbury dan Truffaut membayangkan sebuah dunia dengan earbud mungil seukuran bidal yang memutar audio pribadi - baik musik maupun bicara.

Lalu pada 2001 meluncur Apple iPod pertama. Di mana orang mulai memakai "kerang", menenggelamkan diri dalam musik dan podcast seperti yang digambarkan film.

Skype, 2001: A Space Odyssey,’ 1968
Deretan Prediksi Film Fiksi Ilmiah Lawas yang Akhirnya Jadi Kenyataan

Daftar hal-hal yang diprediksi “2001: A Space Odyssey” mungkin dapat mengisi artikel dengan sendirinya. Sebab mereka memuat prediksi mulai dari komputer tablet hingga pariwisata ruang angkasa.

Tapi satu elemen dalam film ini yang menonjol yakni Skype. Tidak ada seorang pun di tahun 2001 yang benar-benar masuk ke layanan obrolan video yang dioperasikan Microsoft. Namun panggilan video ditampilkan secara menonjol dalam film, seperti ketika Dr Heywood Floyd memanggil keluarganya dari stasiun ruang angkasa yang mengorbit bumi.

Bahkan ada lebih banyak inovasi dalam adegan ini: Floyd memasukkan apa yang tampak seperti kartu kredit dalam videophone untuk memulai panggilan, memprediksi kemunculan mereka di mana-mana. Pada tahun 1960-an, kartu kredit hampir tidak biasa seperti sekarang.

Rumah Pintar, Demon Seed, 1977
Deretan Prediksi Film Fiksi Ilmiah Lawas yang Akhirnya Jadi Kenyataan

Beberapa penggemar film menunjuk pada film Disney 1999 yang konyol "Smart House" sebagai penampilan utama pertama Internet of Things dan teknologi rumah pintar dalam sebuah film. Dan harus diakui, ketika film sebenarnya disebut "Rumah Pintar" ada yang sedikit mengganggu.

Tetapi Anda dapat kembali lebih jauh untuk contoh pertama rumah pintar di bioskop, yakni film horor fiksi ilmiah 1977 berjudul “Demon Seed”.

Dalam film itu, seorang ilmuwan mengembangkan Proteus IV, komputer cerdas artifisial yang bisa menyembuhkan leukemia. Tapi perangkat itu lepas kendali ketika komputer menginstal sendiri pada komputer di rumah mereka. Lalu mengambil kendali atas semua teknologi dan perangkat di sana.

Proteus IV sebenarnya adalah prescient -seperti rumah pintar modern, komputer dapat mengontrol lampu, kunci pintu dan jendela, mengelola sistem alarm rumah, dapat memperlihatkan video pintu depan seperti bel cerdas, dan alat kontrol seperti penutup kolam renang otomatis.

Demon Seed dapat dengan mudah menjadi cetak biru untuk teknologi rumah pintar modern dari lampu Philips Hue hingga bel pintu dering ke kunci pintar Kevo, dan lusinan perangkat Internet of Things lainnya.

Ponsel, Star Trek, 1966
Deretan Prediksi Film Fiksi Ilmiah Lawas yang Akhirnya Jadi Kenyataan

Blockbuster sci-fi James Cameron, "The Terminator", memberi kita banyak alasan untuk terbangun di malam hari - komputer yang sadar diri yang memicu nuklir Armageddon, killbots yang tiada henti.

Bercampur dengan semua yang merupakan visi masa depan yang mengungkapkan drone Hunter-Killer -pada dasarnya, drone terbang militer yang dipersenjatai dengan senjata.

Pada awal 1980-an, militer telah memiliki pengalaman yang luas dengan "drone target", kendaraan tak berawak yang dikendalikan radio yang dapat ditembak jatuh untuk latihan target.

Lalu ada drone pengintai yang diluncurkan dari kapal dan pesawat. Tetapi tidak akan sampai "perang melawan teror" pada tahun 2000-an militer AS akan memenuhi prediksi The Terminator dan mengerahkan UAV -I militer- lengkap dengan senjatanya.

Predator MQ-1, yang pertama kali digunakan pada tahun 2001, adalah drone militer pertama yang diketahui mampu menembakkan senjata yang dipicu dari jarak jauh oleh operator darat.

Mobil Mengemudi Sendiri, Total Recall, 1990
Deretan Prediksi Film Fiksi Ilmiah Lawas yang Akhirnya Jadi Kenyataan

Teknologi pengontrol memori, layar TV seukuran dinding, penerbangan komersial rutin ke Mars, dan struktur luar alien di bawah permukaan Mars merupakan beberapa prediksi yang menarik. Yang paling canggih, mobil self-driving.

Johnnycabs film mungkin membuat mobil self-driving dari sudut pandang akhir 1980-an. Mereka menampilkan avatar android bergaya di kursi pengemudi.

Kelihatannya agak konyol dan mungkin naif. Namun hari ini kita tahu persis seperti apa mobil self-driving. Kendaraan yang penuh sensor ini sepenuhnya dapat mengemudi sendiri tanpa perlu siapa pun atau apa pun untuk duduk di kursi pengemudi.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak