alexametrics

Alasan Kreator Harus Gunakan SSD

loading...
Alasan Kreator Harus Gunakan SSD
Alasan Kreator Harus Gunakan SSD
A+ A-
SEBAGAI orang yang aktif bepergian sambil merekam perjalanan dalam bentuk foto dan video, HDD eksternal sudah sama pentingnya dengan laptop. Di sinilah semua file penting saya tersimpan. Karenanya, soal kualitas, saya tidak pernah mau main-main.

Sekitar 90% HDD yang saya gunakan adalah keluaran Western Digital (WD). Entah kenapa, saya merasa produk mereka paling bisa diandalkan. Saya memiliki berbagai koleksi WD dalam berbagai tipe, jenis, ukuran, dan kapasitas.

Hal yang saya suka dari produk WD pertama adalah harganya masih termasuk terjangkau dan kompetitif. Kedua, mereka memberikan garansi panjang. Kemudian WD juga memiliki banyak sekali variasi produk. Misalnya My Passport for Mac yang lebih mudah dipakai dengan komputer Mac.



Memang terkadang ada HDD tidak terbaca di Mac sehingga menyusahkan. Tapi, itulah yang saya suka dari WD. Mereka terbilang sangat inovatif dalam menghadirkan rangkaian produk. Salah satunya My Passport SSD (Solid State Drive). Apa itu SSD? Bisa dibilang SSD ini adalah penyimpanan sangat diidamkan oleh mereka yang banyak bekerja dengan video dan foto. Kenapa? Karena SSD menawarkan banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan HDD.

Kelebihan pertama adalah kemampuan baca tulis yang lebih cepat. Kedua, SSD memiliki bentuk lebih kecil dan tipis dibandingkan dengan HDD yang tebal dan berat. Tak heran jika SSD sering sekali digunakan pada ultrabook atau seri laptop tipis lainnya.

Di dalamnya, SSD memiliki komponen sama sekali berbeda dibanding HDD. SSD lebih “tahan banting” dibandingkan HDD. Karena tidak memiliki perangkat bergerak di dalamnya. Jadi, kalaupun terjatuh, potensi kerusakan SSD jauh lebih kecil.

Tidak seperti HDD yang berpotensi rusak dan hilangnya data-data. Ini karena HDD menggunakan komponen semacam piringan metal yang berputar. Selain itu, SSD tidak akan pernah terjadi yang namanya fragmentasi seperti sering terjadi pada HDD. Dengan begitu, pengguna tidak perlu melakukan defrag untuk meningkatkan kecepatannya karena SSD akan selalu cepat.

Hal paling terasa dalam pemakaian sehari-hari adalah proses transfer file jauh lebih cepat, untuk dibawa-bawa juga tidak makan tempat dan memberatkan tas. Kemudian juga tidak ada bunyi atau getaran seperti ketika menggunakan harddisk.

Semua keunggulan itu ada pada WD My Passport yang memiliki kapasitas 256GB. Lho, kok hanya 256 GB? Ya, ini karena semua keunggulan tersebut harus ditebus dengan harga yang mahal. WD My Passport SSD dibanderol Rp1,3 juta. Dengan harga yang sama, pengguna bisa mendapatkan HDD hingga 1 TB. Tapi, semua itu tergantung pada kebutuhannya. Menurut saya, SSD ini sangat fungsional terutama saat traveling .

Kapasitas 256 GB juga sangat cukup untuk melakukan backup foto dan video sementara dari laptop. Nanti setelah sampai di rumah, baru dipindah ke HDD. Berdasarkan pengalaman, dalam satu kali perjalanan sekitar 3-4 hari, ukuran file yang saya rekam berkisar antara 7 GB hingga 10 GB dalam bentuk foto dan video. Jadi, masih sangat kecil dibandingkan 256 GB.

Sebaliknya, kepraktisan yang saya dapat sangat terasa. WD My Passport SSD memiliki ukuran 9 x 4,5 cm dengan ketebalan 1 cm. Bahkan, begitu praktisnya hingga bisa dikantongi. Saya juga tidak perlu takut jika sewaktu-waktu terjatuh.

Desainnya pun saya suka, simpel dan elegan dengan dua warna berbeda di bagian atas serta bawahnya. Hal lain yang saya suka adalah produk tersebut mengandalkan port USB 3.1 Gen2 jenis USB Type-C.

Selain sesuai dengan MacBook Pro yang saya pakai, juga kecepatan transfer datanya tinggi. Saya bisa meletakkan file video di SSD sambil mengeditnya di Final Cut Pro atau iMovie.

Kecepatan bacanya hingga 70MB per detik dan kecepatan tulis hingga 334MB. Setelah beberapa lama menggunakan WD My Passport SSD ini, rasanya HDD menjadi sangat lambat. Kalau memiliki dana lebih, bisa juga meminang ukuran yang lebih besar, yakni kapasitas 512 GB dengan banderol Rp2.715.000. Sisanya masih ada varian 1 TB dan 2TB. Tentu saja, harganya cukup mahal jika dibandingkan HDD yang ada di pasaran saat ini. (Danang Arradian)





(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak