Hadapi Lebaran, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan

Kamis, 16 Mei 2019 - 15:00 WIB
Hadapi Lebaran, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan
Hadapi Lebaran, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan
A A A
JAKARTA - Menyambut Ramadhan dan Lebaran 2019, PT XL Axiata Tbk meningkatkan kualitas jaringan data di Kawasan Timur Indonesia (KTI), termasuk Jawa Timur (Jatim), Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timut (NTT), dan Sulawesi.

Penguatan jaringan data ini dilakukan seiring tumbuhnya trafik dan berkembangnya jumlah pelanggan di kawasan tersebut. Group Head XL Axiata East Region PT XL Axiata, Mochamad Imam Mualim mengatakan, saat ini di wilayah East Region sudah terdapat lebih dari 32.000 BTS, termasuk di antaranya lebih dari 8.300 BTS 4G.

Total jumlah pelanggan sekitar 12,6 juta untuk area Jatim, Bali, NTB, NTT dan Sulawesi. “Trafik layanan di East Region dalam setahun terakhir naik 58%. Pencapaian ini tentu kami imbangi dengan pembangunan infrastruktur jaringan secara memadai,” katanya di Surabaya, Jatim.

Khusus menyambut masa libur panjang Lebaran tahun ini, XL Axiata East Region secara serius melakukan persiapan. Baik dari sisi jaringan maupun produk layanan. Kapasitas jaringan di seluruh area rata-rata telah ditingkatkan menjadi dua kali lipat.

Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan trafik yang diperkirakan sekitar 43% dari hari normal. “Untuk area Jatim, merujuk pada tahun-tahun sebelumnya, peningkatan tertinggi diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Sampang dan Kabupaten Banyuwangi,” sebutnya.

Sementara itu, area Bali peningkatan tertinggi diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Buleleng. Area Nusa Tenggara Barat di Kabupaten Lombok Timur, sedangkan di Sulawesi diperkirakan terjadi di Kota Makassar.

“Peningkatan trafik yang cukup tinggi di Sampang karena banyak santri di daerah tersebut yang pulang kampung. Ketika di kampung halamannya, mayoritas mereka menggunakan jaringan XL,” beber Imam Mualim.

Untuk jaringan, lanjut dia, selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhan, XL Axiata juga telah menyiapkan dukungan Mobile BTS (MBTS) di sejumlah wilayah yang memerlukan. Antara lain di Exit Tol Ngawi dan beberapa titik di Jatim di Kota Palu -Sulawesi Tengah.

“Mobile BTS jika diperlukan juga akan kami siagakan di tempat keramaian seperti pelabuhan, terminal, stasiun dan tempat wisata,” pungkasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7227 seconds (0.1#10.140)