Keputusan Pengadilan, Mercedes-Benz Dilarang Jualan Mobil Tanpa Seizin Nokia

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 09:27 WIB
loading...
Keputusan Pengadilan, Mercedes-Benz Dilarang Jualan Mobil Tanpa Seizin Nokia
Salah satu produk ponsel merek Nokia. FOTO/IST
A A A
BERLIN - Produsen otomotif Daimler AG menghadapi kemungkinan dilarang menjual mesin Mercedes-Benz di Jerman. Ini mengikuti perusahaan Finlandia Nokia yang memenangkan paten di pengadilan lokal.(Baca Juga: Wajah Rossi Pucat Lihat Motor Morbidelli Terbelah )

Dalam putusan di Mannheim, Mercedes-Benz diketahui telah melanggar paten teknologi Nokia dengan menggunakannya di dalam kendaraan tanpa mendapatkan lisensi teknologi seluler perusahaan.(Lihat Grafis: Waspada Berolahraga di Tengah Wabah )

Hasilnya memberikan keuntungan bagi Nokia. Itu mungkin bisa menghentikan Mercedes-Benz dari menjual kendaraan di Jerman.

Menurut Bloomberg, Nokia perlu memulai proses terpisah dan memberikan uang jaminan sebesar € 7 miliar jika ingin memberlakukan larangan penjualan mobil Mercedes. (Baca juga : Pesawat Karya Habibie Dimuseumkan, Politikus PKS: Cukup Memilukan Hati )

Pengadilan Mannheim mengatakan kasus tersebut disetujui karena Daimler belum siap untuk mematuhi aturan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pengadilan, fakta menunjukkan bahwa Daimler dan pendukungnya dalam kasus tersebut belum siap untuk mengambil lisensi dari Nokia sesuai standar industri.

Menurut keputusan tersebut, Daimler perlu berkomunikasi dengan Nokia terkait jumlah kendaraan yang terjual menggunakan teknologi tersebut.

Meski demikian, pabrikan mobil yakin larangan penjualan tidak akan terjadi.

"Kami tidak memahami keputusan pengadilan Mannheim dan akan mengajukan banding. Kami tidak berpikir akan ada larangan penjualan, "kata pembuat mobil itu dalam sebuah pernyataan.

Sengketa ini adalah di antara 'perang' perusahaan teknologi dan industri otomotif yang lebih luas yang melibatkan royalti teknologi yang digunakan dalam sistem navigasi, komunikasi kendaraan, dan mobil tanpa pengemudi.

Produsen mobil di Eropa semakin mengandalkan sistem telekomunikasi mobil untuk mengaktifkan koneksi elektronik pada kendaraan mereka.

Menurut Reuters, Nokia memperoleh pendapatan lisensi sebesar € 1,4 miliar (RM 7 miliar) setiap tahun dan masalah tersebut sangat penting bagi perusahaan Finlandia.

"Kami berharap Daimler menerima kewajibannya dan mengambil lisensinya melalui saluran yang adil. Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan bekerja sama, ”kata Presiden Nokia Technologies Jenni Lukander.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)