Bukan Jaminan VPN Berbayar Lebih Aman Dibandingkan yang Gratis

Kamis, 23 Mei 2019 - 14:58 WIB
Bukan Jaminan VPN Berbayar Lebih Aman Dibandingkan yang Gratis
Bukan Jaminan VPN Berbayar Lebih Aman Dibandingkan yang Gratis
A A A
JAKARTA - Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya menilai tidak ada jaminan aplikasi VPN berbayar lebih aman atau lebih baik ketimbang VPN yang bebas unduh.

"Tidak ada jaminan VPN berbayar lebih aman atau lebih baik dari VPN gratisan," kata Alfons dalam pesan singkat kepada SINDOnews, Kamis (23/5/2019).

Menurut Alfons, tingkat keamanan pada VPN berbayar maupun gratis sama. Semua, tergantung teknologi yang digunakan. Kemungkinan data pengguna bocor, tergantung pada siapa penyedia layanan VPN.

"Disitulah hal yang harus menjadi perhatian," imbuhnya

Namun ia menyatakan, bahwa memang VPN gratis yang tidak diketahui jelas siapa penyedianya lebih berbahaya. Karena sering digunakan sebagai sara mencuri kredensial.

"Tapi yang pasti, kalau VPN gratisan yang tidak diketahui jelas penyedianya itu sangat berbahaya dan VPN gratisan sering digunakan sebagai sarana mencuri kredensial," tandasnya.

Belakangan aplikasi VPN menjadi alternatif yang digunakan masyarakat untuk kebutuan komunikasi dan akses ke media sosial. Hal tersebut terkait dengan kebijakan pemerintah yang membatasi akses ke fitur media sosial seperti foto, video dan meme pada WhatsApp cs. Akibatnya,akan terjadi pelambatan akses, terutama untuk unggah dan unduh konten tersebut.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9131 seconds (0.1#10.140)