alexametrics

Panic Akan Meluncurkan Game Playdate di Tahun 2020

loading...
A+ A-
OREGON - Panic, dikenal sebagai perusahaan yang menciptakan perangkat lunak untuk Mac dan iOS, seperti Coda dan Transmit, dan game populer mereka yang bernama Firewatch, telah mengumumkan produk terbaru mereka yakni sebuah konsol genggam yang akan diluncurkan di tahun 2020.

Dilansir dari GSM Arena, produk terbaru mereka diberi nama Playdate, konsol portabel ini adalah perangkat yang paling unik di antara konsol lainnya, namun perangkat ini tidak dimaksudkan untuk bersaing dengan konsol lainnya, hanya saja ini untuk sementara waktu.

Desain konsol Playdate ini terlihat sama seperti konsol genggam pada umumnya yaitu memiliki layar, dan beberapa tombol serta crank. Namun untuk detail lainnya masih menyusul.



Layar konsol ini memiliki ukuran 2.7 inch, layar LCD hitam dan putih dengan daya rendah dari Sharp. Memiliki resolusi 400x240 dan tidak memiliki backlighting. Sebaliknya, konsol ini sangat reflektif dan memanfaatkan layar sekitar. Tampilan layar mungkin terlihat kuno untuk jaman sekarang tapi resolusi yang rendah, panel hitam dan putih adalah bagian dari pengalaman.

Kontrolnya terlihat sederhana, terdiri dari d-pad dan dua tombol A B. Bagian crank adalah yang paling menarik. Ini menyatu ke dalam game, dan beberapa judul game, seperti Crankin's Time Travel Adventure, bergantung secara eksklusif pada penggunaan crank untuk gameplay.

Berbicara soal permainan, bagaimana cara permainan ini akan di distribusikan mungkin akan lebih unik dari keberadaan crank tersebut. Playdate akan hadir dengan 12 permainan yang sudah termasuk dengan harga konsol tersebut.

Ketika konsol ini dirilis, akan hadir dengan satu game, yang disebut Crankin’s Time Travel Adventure yang diciptakan oleh Katamari Damacy. Lalu, setiap minggu setelah peluncuran, konsol akan mendapat satu game baru.

Panic belum mengumumkan judul atau pengembang dari 11 game lainnya. Mereka mengatakan bahwa ini akan menjadi kejutan, dan ketika permainan sudah tersedia, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari konsol tersebut.

spesifikasi perangkat keras lainnya selain dari tampilan konsol belum diumumkan, namun dikabarkan perangkat ini memiliki Bluetooth dan Wi-Fi, yang digunakan untuk mengunduh game. Konsol ini dirancang untuk permainan tunggal dan hingga saat ini belum memiliki komponen multi-pemain. Juga terdapat USB-C untuk pengisian dan semuanya berukuran 74mm × 76mm × 9mm.

Adapun perangkat lunak, ini berjalan pada OS kustom yang dirancang oleh Panic, dengan SDK berbasis Mac. Pengembang dapat menggunakan Lua atau C untuk menulis game mereka.

Playdate dihargai Rp 2.146.531,25, yang sebagaimana disebutkan sebelumnya termasuk biaya 12 game pertama. Perusahaan akan mulai melakukan pre-order pada akhir 2019, dengan penjualan mulai awal 2020. Panic belum mengumumkan di wilayah mana perangkat ini akan dijual. Informasi lainnya akan tersedia ketika produk ini diluncurkan. (NABIL ALFARUQ)
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak