alexametrics

Secara Teknis, Kamera Telefoto OnePlus 7 Pro Tak Punya Kemampuan 3x Optical Zoom

loading...
Secara Teknis, Kamera Telefoto OnePlus 7 Pro Tak Punya Kemampuan 3x Optical Zoom
OnePlus 7 Pro memiliki 3x zoom tanpa digital zoom atau kehilangan detail. Kamera telefoto melayani dua tujuan utama: 3x zoom dan fotografi mode potret. Foto/ist
A+ A-
HONG KONG - Kejadian OnePlus 5 terulang lagi. Jika Anda ingat zoom 2x yang diiklankan di OnePlus 5 melalui zoom optik 1.6x dan faktanya zoom 0.4x sisanya dicapai dengan apa yang disebut teknologi multi-frame SmartCapture. Nah tampaknya OnePlus 7 Pro juga memiliki trik yang sama.

"Investigasi" mendalam Android Police mengungkap, kamera telefoto OnePlus 7 Pro tidak memiliki 3x optical zoom melainkan sesuatu hanya 2.2x zoom dan sisanya dicapai dengan memotong. Namun tidak ada zoom digital yang digunakan sehingga hasil foto OnePlus 7 tetap berkualitas.

Kamera telefoto 13 MP sebenarnya menghasilkan gambar 8 MP dengan memotong 6 MP untuk mencapai zoom 3x lossless. Memang lossless, tapi itu bukan optik. Dan inilah cara Android Police menemukan jawabannya.



Beberapa dari Anda mungkin telah memperhatikan bahwa smartphone menggunakan kamera zoom untuk pemotretan bokeh. Hanya bidang pandang dalam mode potret jauh lebih luas daripada dalam mode zoom 3x.

Selain itu, bidikan potret dalam resolusi 13 MP karena perangkat lunak memanfaatkan resolusi penuh sensor. Zoom dalam mode ini mendekati 2.2x.

Pada kenyataannya, panjang fokus modul kamera sekitar 57 mm, bukan 78 mm seperti yang diiklankan perusahaan. Itu yang membuat perbedaan besarnya.

Dengan mengorbankan beberapa juta piksel di sekitar subjek, OnePlus mencapai zoom 3x lossless pada 8 MP. Ini bukan masalah besar bagi sebagian besar pengguna, tapi penggemar fotografi akan memperhatikan bahwa bentuk subjek dan sudut relatif tidak berubah dengan 3x zoom dan mode potret. Jika focal length berbeda, itu harus memiliki perspektif yang berbeda.

Android Police menghubungi OnePlus untuk mendapatkan pernyataan resmi dan perwakilan tersebut mengkonfirmasi temuan tersebut. "OnePlus 7 Pro memiliki 3x zoom tanpa digital zoom atau kehilangan detail. Kamera telefoto melayani dua tujuan utama: 3x zoom dan fotografi mode potret. Ini akan mengalihkan bidang tampilan tergantung pada mode kamera. Dengan zoom 3x, kamera telefoto menghadirkan gambar 8 megapiksel lossless yang diiklankan. Mode potret menggunakan semua 13 megapiksel dari sensor di kamera telefoto," kata OnePlus dalam jawaban resminya kepada Android Police seperti dilansir GSM Arena.

Sekali lagi, bagi sebagian besar pengguna ini tidak akan menjadi masalah. Namun bagi penggemar fotografi, itu adalah sesuatu yang layak dipertimbangkan untuk tidak membeli handphone OnePlus 7 Pro.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak