60 Satelit Starlink Terpotret Baris Berjajar di Orbit Bumi

Senin, 27 Mei 2019 - 21:02 WIB
60 Satelit Starlink Terpotret Baris Berjajar di Orbit Bumi
60 Satelit Starlink Terpotret Baris Berjajar di Orbit Bumi
A A A
NEW YORK - Pekan lalu SpaceX mengirim 60 satelit Starlink pertamanya ke orbit. Selang beberapa hari sukses meluncur, satelit tersebut mulai menjalankan fungsinya.

Sebuah video yang direkam oleh Dr. Marco Langbroek, yang menjalankan StatTrack Cam Leiden Blog, menunjukkan semua satelit berbaris membentang di langit.

Barisan satelit itu terlihat seperti semacam garis conga namun dengan teknologi tinggi. Langbroek menunjukkan dalam posting blog yang menyertainya bahwa lineup yang terlihat di sini bukan pengaturan permanen.

"Selama beberapa hari mendatang, 'kereta' objek akan membuat 2-3 lintasan setiap malam. Ketika mereka secara aktif bermanuver dengan pendorong ion mereka, mereka akan lebih tersebar, sehingga deretan ini mungkin akan menghilang," tulisnya, dilansir laman Mashable, Senin (27/5/2019).

60 satelit Starlink yang mengorbit ini hanyalah set pertama. SpaceX bermaksud untuk meluncurkan sekitar 12.000 satelut, di mana mereka akan terbagi menjadi tiga kelompok terpisah yang masing-masing terbungkus dalam cangkang orbit.

Satelit Starlink merupakan proyek besar-besaran sebagai upaya percepatan telekomunikasi. Setelah sistem sepenuhnya berjalan dan beroperasi - yang kemungkinan tidak akan sampai paling lambat 2027 - konstelasi satelit ini akan memiliki kemampuan untuk memberikan internet berkecepatan tinggi ke seluruh Bumi.

Prospek internet berkecepatan tinggi secara global memang iming-iming yang menggiurkan, namun para astronom juga ingin mengingatkan bahwa langit malam kita, dan kemampuan untuk melihat di luar batas Bumi adalah harta.

Bukan tidak mungkin 12.000 satelit yang dicanangkan untuk ada di orbit Bumi malah akan mengganggu pandangan kita melihat ke langit di atas sana.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0589 seconds (0.1#10.140)