alexametrics

Lenovo dan Qualcomm Pamerkan Notebook 5G Pertama Dunia

loading...
Lenovo dan Qualcomm Pamerkan Notebook 5G Pertama Dunia
Lenovo dan Qualcomm menghadirkan purwarupa dari notebook pertama di dunia yang mendukung teknologi 5G. Foto/ist
A+ A-
BEIJING - Sejumlah smartphone yang mendukung 5G telah dan akan hadir di pasaran. Meskipun teknologi ini tidak tersedia secara komersial di seluruh dunia, banyak pabrikan yang sudah menggodok perangkat berteknologi jaringan internet generasi kelima.

Sejauh ini perangkat yang mendukung 5G baru sebatas handphone. Sedangkan untuk notebook belum ada satu pun perusahaan teknologi yang mengumumkan keberhasilannya membuat unit 5G.

Nah pada Computex 2019, Qualcomm dan Lenovo mengumumkan debut notebook 5G pertama mereka, sekaligus yang pertama di dunia. Notebook ini menggunakan platform Qualcomm's Opteron 8cx.



Seperti yang kita duga, notebook ini masih berupa prototipe. Unit secara resmi dikenal sebagai "Project Limitless" yang didukung oleh platform komputasi Qualter 8cx 5G milik Qualcomm. Dengan kata lain, ini adalah komputer pertama yang dirancang untuk konektivitas data 5G bawaan dan dirancang pada platform 7 nm.
Lenovo dan Qualcomm Pamerkan Notebook 5G Pertama Dunia

"Dengan 5G nyata di PC, itu semua tentang memuaskan kebutuhan pengguna akan kecepatan: transfer file lebih cepat dan streaming dalam 4K, 8K dan bahkan AR/VR; obrolan video yang lebih cepat dan lebih berkualitas saat bepergian; layar lebih cepat menyegarkan untuk game seluler. Ketika kami mengatakan konektivitas tanpa batas, kami sungguh-sungguh -pengguna PC 5G di seluruh dunia akan menghemat waktu, tetap produktif, atau mendapatkan hiburan online dari hampir di mana saja, kapan saja," kata Johnson Jia, Wakil Presiden Senior, dan Manajer Umum, Grup Bisnis Konsumen Perangkat Cerdas Lenovo seperti dikutip dari Giz China.

Lenovo akan memproduksi secara massal notebook ini dan menjualnya tahun depan. Qualcomm mengatakan, selain CPU dan GPU Snapdragon 8CX bawaan, notebook ini juga memiliki modem Snapdragon X55 5G yang dapat mencapai kecepatan 'multi-gigabit'.

Qualcomm dan Lenovo belum mengungkapkan detail lebih lanjut tentang Project Limitless, termasuk harga dan tanggal rilis. Intel sepenuhnya meninggalkan bisnis modem 5G bulan lalu. Jadi Qualcomm tidak diragukan lagi akan terus pemimpin di bidang ini, tapi mereka juga perlu menangani masalah penting seperti kompatibilitas perangkat lunak.
Lenovo dan Qualcomm Pamerkan Notebook 5G Pertama Dunia

"Kolaborasi kami bersama Lenovo akan memberikan pengalaman PC yang transformatif untuk para konsumen dan perusahaan berkat performa dan efisiensi daya luar biasa dari Snapdragon 8cx dipadukan dengan konektivitas berkecepatan tinggi dan berlantesi rendah dari teknologi 5G,” kata Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager, Mobile Business Unit, Qualcomm Technologies, Inc dalam siaran persnya kepada SINDOnwws. Senin (28/5/2019).

“Tugas-tugas yang memerlukan banyak bandwidth seperti yang melibatkan pengunduhan dan pengunggahan data dengan ukuran besar dapat menjadi jauh lebih cepat dengan koneksi nirkabel sehingga membuat penyimpanan di awan terasa seperti penyimpanan data lokal. Hal ini dapat mengubah para pengguna berkreasi, berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan perangkat komputer mereka,” tutur Alex.
Lenovo dan Qualcomm Pamerkan Notebook 5G Pertama Dunia

Snapdragon 8cx 5G Compute Platform adalah platform Snapdragon paling mumpuni yang pernah dirancang dengan performa luar biasa, masa pakai baterai, dan konektivitas yang dapat diandalkan. Hal ini mendukung pengalaman pengguna yang imersif, koneksi LTE multi-gigabit, daya tahan baterai berhari-hari, serta aplikasi enterprise dan keamanan.

Platform ini meliputi modem 5G Qualcomm Snapdragon X55, solusi single multi-mode chip yang dipadukan dengan teknologi RF Front-End dari Qualcomm. Hal ini memungkinkan OEM untuk membawa konektivitas 5G ke dalam bentuk PC yang baru dan inovatif.
Lenovo dan Qualcomm Pamerkan Notebook 5G Pertama Dunia

“Di Lenovo, kami berinovasi lebih dari sekedar untuk teknologi. Semua yang kami lakukan adalah untuk meningkatkan pengalaman para pengguna,” kata Johnson Jia, Senior Vice President and General Manager, Consumer Business of Intelligent Devices Group, Lenovo. “Kehadiran 5G yang nyata di PC adalah bentuk komitmen untuk memenuhi kepuasan pelanggan akan kebutuhan kecepatan dalam mentransfer data, streaming dalam 4K, 8K dan bahkan AR/VR. Kualitas yang lebih baik pada video chat on-the-go, serta refresh screen yang lebih cepat pada mobile gaming. Ketika kami mengatakan konektivitas tanpa batas, kami sungguh-sungguh melakukannya. Pengguna PC 5G di seluruh dunia akan dapat menghemat waktu, tetap produktif, ataupun mendapatkan hiburan secara online di mana saja, kapan saja,” bebernya.

Snapdragon 8cx 5G Compute Platform termasuk modem Snapdragon X55 5G yang mengintegrasikan LTE Category 22, untuk mencapai kecepatan unduhan maksimum hingga 2,5Gbps, menjadikannya konektivitas 4G tercepat yang tersedia saat ini.
Lenovo dan Qualcomm Pamerkan Notebook 5G Pertama Dunia

Platform ini kompatibel dengan hampir semua band yang digunakan oleh operator global di wilayah mana pun, sehingga pengguna dapat mengandalkan Always-On, Always Connected PC mereka di mana saja di berbagai belahan dunia.

Kolaborasi Project Limitless 5G dengan Lenovo ini merupakan contoh terbaru tentang bagaimana Qualcomm menciptakan terobosan teknologi yang dapat mentransformasi bagaimana dunia terhubung, berkomputasi, dan berkomunikasi. Konsumen dapat melihat lebih banyak kejutan dari Lenovo dan Qualcomm pada awal tahun 2020.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak