Motor Harian Valentino Rossi untuk Tahun Depan Telah Beredar

loading...
Motor Harian Valentino Rossi untuk Tahun Depan Telah Beredar
Yamaha R1 versi tim Petronas. FOTO/ IST
TOKYO - Yamaha Motor Co. Ltd mengumumkan kehadiran Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1 M 2020. Motor YZF-R1 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi mendekati MotoGP meluncurkan edisi Tim MotoGP Petronas tempat berlabuh Valentino Rossi Tahun 2021.(Baca Juga:Di Austria Valentino Rossi Lolos dari Maut)

Diantaranya motor buatan Yamaha ini berhasil mengalahkan lebih 4.000 entri lain. Ini menjadi penghargaan keempat yang ditrerima oleh YZF-R1..(Baca Juga:Wajah Rossi Pucat Lihat Motor Morbidelli Terbelah)

Yamaha mengungkap salah satu teknologi yang akan digunakan yakni counter rotating crankshaft yang digunakan pada YZR-M1. Teknologi ini berfungsi untuk meningkatkan akselerasi tanpa membuang traksi dan kontrol roda. Selain itu adapula teknologi yang mempertahankan tenaga mesin saat perpindahan kopling sehingga tenaga motor tak turun.

Yamaha YZF-R1M menggunakan mesin Crossplane 998 cc yang mampu menghasilkan kecepatan 200 hp dan bagian bodinya kebanyakan menggunakan serat karbon.



Keseluruhan beratnya adalah 200kg, peralatan elektronik pada motor ini juga lengkap, termasuk OHLINS Racing Electronic Suspension (ERS), Communication Control Unit (CCU) yang dapat menyimpan berbagai data gerakan motor, detektor inertia enam axis, kontrol pegangan dan glider, serta kontrol anti-wheelie dan Launch control.

Yamaha masih belum mengeluarkan harga YZF-R1M 2020, namun ia diperkirakan pasti akan datang dengan harga yang murah. Pembelinya juga akan mendapat sesi latihan di sirkuit selama dua hari untuk memastikan mereka dapat menggunakan sepeda motor tersebut.

Sayangnya Yamaha belum mau mengungkap rencana peluncuran teknologi YZR-M1 pada motor R1 yang diproduksi masal.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top