alexametrics

Jakarta Fair Ajang Pembuktian Mudahnya Transaksi dengan Dompet Digital

loading...
Jakarta Fair Ajang Pembuktian Mudahnya Transaksi dengan Dompet Digital
Pedagang kerak telor ikut menggunakan sistem pembayaran melalui dompet digital, DANA, selama mengikuti Jakarta Fair Kemayoran 2019. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tahun ini yang digelar mulai 22 Mei hingga 30 Juni 2019. Meski tradisi kerak telor dan ramainya perniagaan tetap menjadi identitas pesta rakyat legendaris ini, ada hal baru berupa penerapan transaksi nontunai dan nonkartu yang akan menjadi budaya di masa depan selama gelaran ini berlangsung.

Tujuan dari upaya memasyarakatkan transaksi nontunai dan nonkartu secara digital di JFK 2019 adalah untuk memberi pengalaman dan membangun kepercayaan masyarakat umum maupun dunia usaha terhadap kemudahan, keandalan, efisiensi, hingga tingginya jaminan keamanan dari transaksi digital yang mereka lakukan.

Untuk menghadirkan pengalaman bertransaksi nontunai dan nonkartu yang berkesan bagi para pengunjung, PT Jakarta International Expo (JIExpo) selaku penyelenggara Jakarta Fair 2019 menggandeng dompet digital karya anak negeri, DANA, sebagai infrastruktur dan enabler aktivitas ekonomi digital dalam perhelatan tersebut.



“Dompet digital DANA merupakan infrastruktur pembayaran nontunai dan nonkartu pertama yang bekerja sama dengan kami untuk penyelenggaran Jakarta Fair Kemayoran. Tahun ini, para pengunjung dapat merasakan pengalaman bertransaksi menggunakan dompet digital, mulai dari pembelian tiket masuk hingga melakukan pembayaran-pembayaran di banyak tempat serta wahana di dalam area ekshibisi," kata Ralph Scheunemann, Marketing Director PT JIExpo.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai penyelenggara JFK, pihaknya antusias dengan kerja sama ini. Karena para pengunjung dapat merasakan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh sistem pembayaran digital masa depan seperti DANA.

Vincent Iswara, CEO DANA, mengatakan, user experience atau pengalaman pengguna dalam memanfaatkan kemudahan, kecepatan, keandalan, dan keamanan dompet digital DANA menjadi hal yang paling diutamakan. "Di Jakarta Fair Kemayoran, masyarakat—baik konsumen maupun pelaku usaha—dapat merasakan langsung pengalaman menggunakan teknologi terdepan yang dihadirkan DANA untuk mendukung ekosistem perekonomian nasional dan mengakselerasi aktivitas ekonomi digital di Indonesia,” paparnya.

Ada tiga metode pembayaran digital yang dihadirkan oleh dompet digital DANA di Jakarta Fair Kemayoran 2019. Pertama, metode pembayaran menggunakan Kode QR statis. Di sini konsumen cukup memindai Kode QR tersebut menggunakan fitur pemindai yang ada pada dompet digital DANA untuk melakukan pembayaran. Metode pembayaran ini tersedia di berbagai merchant UMKM yang ikut serta di JFK.

Kedua, metode pembayaran menggunakan mesin pemindai dengan teknologi terkini milik DANA. Dengan mesin ini, konsumen cukup memindai Kode QR pada dompet digital DANA-nya untuk melakukan pembayaran dalam hitungan detik. Metode pembayaran ini diterapkan pada loket-loket pembelian tiket dan berbagai merchant di JFK.

Ketiga, metode pembayaran menggunakan mesin EDC khusus untuk memindai Kode QR pada dompet digital DANA milik konsumen. Metode pembayaran ini diterapkan di berbagai mobile merchant serta merchant-merchant JIExpo.

Vincent menjelaskan, selain menawarkan teknologi pemindaian Kode QR yang canggih serta ketiga metode pembayaran digital terkini, fitur penyimpanan kartu debit ataupun kartu kredit yang ada pada dompet digital DANA juga akan memudahkan konsumen dalam berbelanja dan berekreasi bersama teman-teman dan keluarganya di Jakarta Fair Kemayoran.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak