alexametrics

Lima Aplikasi Untuk Pantau Jalur dan Arus Mudik

loading...
Lima Aplikasi Untuk Pantau Jalur dan Arus Mudik
Aplikasi Internet. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - Mudik merupakan satu tradisi yang tidak bisa terpisahkan dari masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Berbagai alat transportasi pun dipilih untuk pulang ke kampung halaman.

Tak sedikit dari mereka yang mudik memilih jalur darat dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Penggunaan kendaraan pribadi ini, belum lagi ditambah kendaraan umum seperti bus, memunculkan potensi macet dibeberapa titik jalur mudik.

Untuk memantau arus dan perjalanan di jalur-jalur mudik, SINDOnews telah merangkum beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan, berikut daftarnya:



1. Google Maps

Aplikasi ini seolah sudah dijadikan pilihan utama bagi para pengguna kendaraan untuk memantau kondisi jalan. Google Maps bisa menampilkan tiga indikator warna yakni merah jika jalan macet, kuning untuk jalanan padat dan biru untuk jalanan lancar.

Serta pengguna diberikan banyak pilihan jalur, dengan estimasi waktu tempuh yang berbeda-beda.

Tak hanya itu di dalam aplikasi Google Maps Anda juga bisa mencari SPBU, ATM, tempat ibadah, tempat makan, rest area terdekat dari tempat Anda berada.

2. Waze

Masih dalam satu payung yang sama dengan Google Maps, Waze juga bisa dijadikan pilihan bagi para pemudiksebagai peta digital dan navigasi.

Sesama pengguna Waze bisa mendapat informasi soal kondisi jalanan secara real-time. Dengan begitu, para pemudik setidaknya bisa menghindari kemacetan dan mendapat jalur alternatif tercepat.

3. Travoy

Traoy merupakan aplikasi yang berisi informsai seputar tol, rest area, restoran, tempat wisata baiik di dalam tol maupun diluar tol secara real time.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama seperti Roaad Trip Plan, Prediksi Mudik dan Tarif Tol, Eat n' Go, Info Rest Area, Travpoint, Live Chat, Live Post, Yuk Mampir!, dan Timed Parking.

Apliaksi ini bisa membantu pemudik untuk merencanakan mudiknya dengan menginput tanggal keberangkatan dan data ini akan digabungkan dengan pengguna lainnya. Dengan begitu para pemudik bisa melihat seberapa banyak orang yang berangkat pada waktu tersebut.

4. LM (LewatMana) - Info Traffic Lalu Lintas

LM bisa menjadi aplikasi yang membantu untuk terus memperbarui informasi kondisi lalu lintas jalan di sekitar Anda. Salah satu fiturnya bisa digunakan untuk mencari nama atau lokasi bengkel kendaraan.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memantau CCTV yagn tersebar dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Bali.

5. i-toll Info, Navigasi, CCTV Jalan Tol Indonesia.

Aplikasi ini bisa memberikan informasi lengkap dari seluruh jalan tol di Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Pengguna juga bisa melihat perkiraan tarif tol yang akan dilalui.

i-toll membantu pengguna jalan tol untuk mendapatkan informasi seputar kondisi jalan tol, seperti kemacetan, pantauan dari CCTV secara real time, lokasi tempat istirahat, dan perkiraan waktu perjalanan.

i-toll juga membantu pengguna jalan tol melaporkan kondisi dan situasi jalan tol melalui fitur lapor di dalamnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak