alexametrics

Apple Luncurkan Mac Pro dan Display XDR Pro Baru, Harganya Mulai Rp71 Juta

loading...
Apple Luncurkan Mac Pro dan Display XDR Pro Baru, Harganya Mulai Rp71 Juta
Apple baru saja meluncurkan Mac Pro terbaru dan juga Display XDR Pro untuk melakukan penyegaran terhadap varian yang sudah lama tak diperbarui. Foto/ist
A+ A-
CUPERTINO - Apple baru saja mengumumkan kehadiran Mac Pro baru di WWDC 2019. Ini adalah Mac yang terkuat dan paling diperluas yang pernah dibuat raksasa teknologi asal Cupertino, AS, itu.

Bersamaan dengan itu, perusahaan juga mengumumkan Pro Display XDR baru, monitor kelas profesional untuk aplikasi HDR dan pro-grade.
Apple Luncurkan Mac Pro dan Display XDR Pro Baru, Harganya Mulai Rp71 Juta

Mac Pro baru telah lama hadir dan merupakan pembaruan untuk model generasi sebelumnya, yang diluncurkan sepanjang tahun 2013 lalu. Model itu akhirnya tidak pernah diperbarui, karena menurut pengakuan Apple sendiri, desain tersebut memberikan batasan yang ketat.

Ketika datang untuk memperbarui kembali pada tahun 2017, Apple mengumumkan sedang bekerja pada Mac Pro baru. Dan itu adalah apa yang publik lihat hari ini.

Laman GSM Arena melaporkan, Mac Pro 2019 yang baru akan kembali ke akar produk. Perangkat tak lagi menggunakan desain silinder kompak seperti model 2013, sebaliknya Apple kembali menerapkan desain gaya menara yang diadopsi oleh generasi Pro Mac yang lebih tua yakni 2006-2012.



Estetika umumnya sangat mirip dengan model-model tersebut dengan bodi aluminium yang tidak dicat, membawa kaki dan gagang serta gril yang menonjol di bagian depan. Ini memberi Mac Pro yang lebih tua moniker "parutan keju" dari penggunanya.

Desain baru lebih halus dengan ventilasi udara lebih besar di bagian depan yang menutupi seluruh permukaan. Pegangan dan kaki sebenarnya adalah pipa baja sama yang membentuk rangka sasis.

Untuk memberikan akses ke internal, seluruh bodi dapat dilepas menggunakan kait di atas yang berputar dan memungkinkan pengguna menarik cangkang samping. Ini memberikan akses ke keempat sisi tubuh serta bagian atas.
Apple Luncurkan Mac Pro dan Display XDR Pro Baru, Harganya Mulai Rp71 Juta

Bagian dalamnya merupakan tempat yang sebenarnya. Mac Pro baru hadir dengan delapan slot ekspansi PCI Express untuk semua jenis aksesori. Empat di antaranya adalah slot x16 lebar-ganda, satu slot x16 lebar-tunggal, dua slot x8 lebar-tunggal, dan yang terakhir slot x4 setengah-panjang yang diisi sebelumnya dengan kartu I/O Apple sendiri yang mencakup dua Thunderbolt 3 port, dua port USB-A dan jack headphone. Ada juga dua konektor Thunderbolt 3 di atas sasis.
Meskipun pengguna dapat mengisi slot yang tersisa sesuai keinginan, Apple telah datang dengan solusi menarik yang mereka sebut Mac Pro Expansion atau MPX Modules. Masing-masing modul ini menggunakan salah satu dari konektor PCIe x16 dan kemudian konektor PCIe kedua di samping.

Konektor kedua memungkinkan kartu mentransfer data ke empat port Thunderbolt 3 yang ditemukan pada mesin. Mereka juga memungkinkan melewatkan hingga 475W daya ke modul, di atas 75W yang dimungkinkan melalui konektor PCIe x16 standar. Hal ini memungkinkan Apple melakukan hal-hal gila, seperti memiliki dua GPU pada kartu tunggal tanpa memerlukan konektor daya 6/8 pin.
Apple Luncurkan Mac Pro dan Display XDR Pro Baru, Harganya Mulai Rp71 Juta

Sementara sisi kanan mesin menampung grafis dan CPU, sisi kiri menyimpan memori, penyimpanan, dan catu daya. Pendinginan untuk seluruh sistem dikelola oleh empat kipas. Tiga dari penggemar ini ditempatkan di bagian depan kasing yang menarik udara dingin melalui semua lubang itu.

Salah satu melewati udara melalui pendingin CPU dan dua lainnya melewati Modul MPX. Di sisi lain, kipas untuk catu daya menarik udara dari depan, meneruskannya ke modul penyimpanan dan memori, lalu mengarahkannya melalui catu daya dan akhirnya mengirimkannya keluar dari belakang.

Sekarang, kita bahas spesifikasinya. Dimulai dengan CPU, semua model dilengkapi dengan prosesor Intel Xeon W. Model dasar hadir dengan CPU 8-core tetapi Anda dapat mengkonfigurasinya dengan model 12-core, 16-core, 24-core atau 28-core, yang semuanya mendukung Hyper Threading, sehingga Anda mendapatkan dua kali lebih banyak utas.

Dalam hal memori, semuanya menjadi sedikit lebih dahsyat. Ada 12 slot DIMM yang dapat diakses pengguna di Mac Pro baru dan Anda dapat mengonfigurasikan memori hingga enam saluran. Anda dapat mulai dengan 32 GB, tetapi ada juga opsi yang tersedia untuk 48 GB, 96 GB, 192 GB, 384 GB, 768 GB, dan 1,5 TB DDR4 ECC.

Untuk mengingatkan, ini adalah modul memori, bukan penyimpanan. Perlu disebutkan hanya 24 atau 28-core CPU yang mendukung memori 1,5 TB penuh dan bahwa model dasar 8-core terbatas untuk menjalankan semua memori pada 2.666 MHz. Sementara Anda akan memerlukan 12 hingga 28-core CPU model untuk mengakses kecepatan penuh 2.933 MHz memori.
Apple Luncurkan Mac Pro dan Display XDR Pro Baru, Harganya Mulai Rp71 Juta

Sekarang untuk penyimpanan. Mac Pro baru mendukung penyimpanan hanya flash, tapi konektornya tidak tampak standar seperti pada memori. Model dasar hadir dengan 256 GB tetapi dapat dikonfigurasi hingga 4 TB. Ini dikendalikan oleh chip keamanan T2 Apple, yang menangani enkripsi.

Sekarang ada dua port SATA yang terlihat pada motherboard, namun Apple tidak cukup menentukan tujuan mereka. Dan sepertinya tidak ada ketentuan untuk memasang SSD standar di dalam case.

Yang membuat kedudukan lebih jauh adalah GPU. Model dasar hadir dengan AMD Radeon Pro 580X yang cukup "jinak" di dalam Modul MPX setengah tinggi. Anda juga bisa mendapatkan Radeon Pro Vega II di dalam Modul MPX tinggi-penuh.

Pengguna bisa menjadi makin berkinerja dengan grafis Vega II ganda di dalam Modul MPX tunggal. Pengguna juga dapat memiliki dua modul ini di dalam perangkat. Artinya, Anda dapat memiliki empat kartu grafis Radeon Pro Vega II di dalam Mac Pro terbaru.

Seolah itu tidak cukup, pengguna juga bisa mendapatkan sesuatu yang disebut Afterburner untuk Mac Pro. Ini adalah ASIC yang dapat diprogram yang dirancang untuk mempercepat encoding dan decoding video.

Karena fitur ini dibuat untuk tugas tersebut, maka perangkat dapat menangani 3 stream video 8K ProRes 30fps 8R, 12 stream video 4K ProRes RAW 30fps atau 16 stream video 4K ProRes 422 30fps. Tingkat kinerjanya saat ini tidak mungkin digelar komputer kompetitor, bahkan untuk kartu grafis tercepat di pasaran.

Untuk konektivitas, Mac Pro memiliki port Thunderbolt 3 4x yang disebutkan di atas, port Ethernet 2x 10Gb, WiFi 802.11ac, dan Bluetooth 5.0. Menguatkan semua ini, prosesor 28-core, empat kartu grafis, 12 batang memori, penyimpanan 4 TB, dan prosesor video, ditempat di perangkat dengan catu daya 1.400W tersebut.

Apple Pro Display XDR
Apple Pro Display XDR ikut tampil mengesankan. Apple menuangkan semua warna dan pengetahuan kalibrasi tampilan ke dalam satu produk untuk menciptakan monitor kelas profesional terbaik di pasaran untuk menemani Mac.
Apple Luncurkan Mac Pro dan Display XDR Pro Baru, Harganya Mulai Rp71 Juta

Pertama, Apple Pro Display XDR adalah LCD IPS 32-inci dengan resolusi 6.016 x 3.384 (16:9), yang oleh Apple disebut Retina 6K. Ini adalah panel warna 10-bit asli dengan dukungan warna lebar DCI-P3.

Kecerahan adalah salah satu atribut utama dari tampilan ini. Dengan konten SDR, layar dapat mencapai kecerahan 500 nits, yang cukup cerah.

Karena ini juga merupakan layar HDR, maka tingkat kecerahannya bisa meningkat lebih tinggi. Apple mengklaim 1.000 nits kecerahan bertahan di seluruh permukaan layar. Untuk membuatnya lebih mengesankan, angkanya juga bisa naik hingga 1.600 nits di bawah suhu sekitar 25 derajat Celcius hanya dalam waktu singkat.

Karena ini adalah panel LCD, untuk mencapai kualitas HDR yang tepat, diperlukan peredupan cahaya latar lokal array penuh. Pro Display XDR memiliki 576 zona yang dapat dihidupkan atau dimatikan secara selektif untuk memberikan kontras tinggi dan lebih sedikit berkembang.

Monitor ini mencakup beberapa mode referensi untuk bekerja dalam format pilihan pilihan pengguna. Anda dapat memilih antara HDR Video P3-ST 2084 (HDR10 / Dolby Vision), BT.709, BT.601, P3-DCI, P3-D65, P3- D50, dan sRGB. Ini mencakup sebagian besar standar warna dari bioskop hingga televisi dan foto.
Apple Luncurkan Mac Pro dan Display XDR Pro Baru, Harganya Mulai Rp71 Juta

Monitor ini juga mendukung kecepatan refresh 47.95Hz, 48.00Hz, 50.00Hz, 59.94Hz dan 60.00Hz, sehingga memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan konten yang direkam dalam berbagai frame rate pada irama benar tanpa gerakan judder.

Dalam hal konektivitas, Pro Display XDR memiliki empat port Thunderbolt 3 di bagian belakang yang juga berfungsi ganda sebagai port USB-C. Monitor ini dirancang khusus untuk bekerja dengan perangkat Thunderbolt.

Terakhir, ada stand. Anda bisa mendapatkan layar dengan Pro Stand opsional. Pro Stand mendukung penyesuaian ketinggian dan juga memungkinkan memiringkan tampilan ke orientasi potret. Anda juga dapat melepaskan monitor dari dudukan dengan satu tombol.

Soal harga, Mac Pro 2019 dijual mulai Rp85 juta. Sedangkan pasangannya, monitor Pro Display XDR dilepas seharga Rp71 juta. Kedua produk ini akan tersedia pada musim gugur ini.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak