alexametrics

Samsung Persenjatai Galaxy Note 10 dengan Exynos 7nm Terbaru

loading...
Samsung Persenjatai Galaxy Note 10 dengan Exynos 7nm Terbaru
Exynos 9820 yang ada di dalam Galaxy S10 trio dibuat dengan proses produksi 8nm. Dan Note 10 mungkin merupakan ponsel pertama yang diluncurkan dengan prosesor EUV dan publik tidak sabar untuk mengujinya. Foto/ist
A+ A-
SEOUL - Samsung melewatkan satu siklus produksi prosesor Snapdragon 8-seri unggulan. Tetapi litografi ultraviolet ekstrim (EUV) baru dan superior-nya telah mengundang simpati Qualcomm untuk memproduksi Snapdragon 865.

Media Korea melaporkan, Samsung sedang dalam tahap negosiasi lanjutan dengan Qualcomm untuk memproduksi chip sistem Snapdragon 865 generasi terbaru dengan metode EUV 7 nm. Kemungkinan produksinya dimulai menjelang akhir tahun ini.Laman GSM Arena melaporkan, Kepala Samsung dari Divisi LSI Semikonduktor menyebut teknologi EUV "menantang" selama konferensi pers hasil kuartalan dan perusahaan berharap bisa menjadi pemimpin di industri ini. Peralatan litografi baru membantu meletakkan transistor sangat kecil yang berdekatan satu sama lain dengan lebih sedikit ruang dan biaya daripada sebelumnya.

Chip yang dibuat dengan litografi EUV gen 7nm generasi kedua dapat diproduksi lebih mudah sekarang. Bahkan diklaim dengan hasil yang lebih baik dan memangkas jumlah masker yang diperlukan untuk produksi yang akan membuatnya menjadi lebih murah untuk dibuat secara rata-rata.



Dibandingkan dengan chip 10nm pada Note 9, silikon LPP EUV 7nm dapat dibuat dengan tapak 40% lebih kecil, dan 20% lebih cepat, atau dengan pengurangan daya penarikan hingga 50%. Karena prosesor seluler hari ini cukup kuat, dapat ditebak, perancang Snapdragons, Exynos, atau chipset AX Bionic di masa depan akan memilih untuk mengurangi masa pakai baterai. Sedangkan ruang yang dihemat oleh metode EUV akan digunakan untuk sesuatu lain di internal ponsel yang semakin ramai.

Sayangnya, orang dalam menyebut 7nm EUV Snapdragon 865 masih akan diproduksi dalam dua versi -satu dengan modem 5G dan satu tanpa modem-. Dengan demikian, kemungkinan besar modem X55 Qualcomm masih tidak akan terintegrasi.

Snapdragon 855 yang ada dalam handphone flagship saat ini membutuhkan dua komponen tambahan yang dilekatkan supaya bisa membentuk ponsel berkonektivitas 5G. Bahkan jika Snapdragon 865 hanya membutuhkan satu -modem X55- jika terpisah dari prosesor, maka ini tidak bisa disebut chipset 5G.

Itu berlaku juga untuk Galaxy Note 10 karena dilaporkan akan menggunakan model yang lebih kecil dan lebih besar. Keduanya disebut akan mempunyai versi 5G.

Note 10 Datang dengan Prosesor Baru
Berbicara tentang Galaxy Note 10, Samsung telah memulai produksi chipset Exynos baru yang akan masuk ke Note yang akan datang. Chipset baru tampaknya dibuat dengan metode EUV 7nm, sehingga menjadikannya chip kedua yang pernah kita dengar setelah modem Qualcomm X50 5G yang dbuat dengan proses tersebut.

Exynos 9820 yang ada di dalam Galaxy S10 trio dibuat dengan proses produksi 8nm. Dan Note 10 mungkin merupakan ponsel pertama yang diluncurkan dengan prosesor EUV dan publik tidak sabar untuk mengujinya.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak