alexametrics

Penjualan Huawei Booming di Daratan Eropa, Samsung Ketar-ketir

loading...
Penjualan Huawei Booming di Daratan Eropa, Samsung Ketar-ketir
Penjualan handphone Huawei mengalami pertumbuhan tinggi di pasar Eropa. Meski begitu, Samsung masih tetap memimpin pasar smartphone Eropa. Foto/ist
A+ A-
LONDON - Penjualan handphone di Eropa telah menurun pada kuartal pertama 2019, tapi Huawei secara mengejutkan justru mengalami peningkatan penjualan.

Menurut data yang dikeluarkan oleh IDC, pengiriman smartphone baru di Eropa pada periode Januari-Maret 2019 turun 2,74% dibandungkan periode yang sama tahun lalu. Tercatat penjualan ponsel mencapai 53,5 juta unit.

Selama periode tersebut, dua produsen China yaitu Xiaomi dan Huawei telah tumbuh signifikan. Bahkan Huawei terbilang mengalami booming.
Penjualan Huawei Booming di Daratan Eropa, Samsung Ketar-ketir

Laman Giz China melaporkan, Samsung mengirimkan 15,7 juta smartphone di Eropa Barat, Tengah, dan Timur, dengan penurunan 6,82% setiap tahun. Pabrikan Korea Selatan itu dapat mempertahankan kepemimpinannya, meskipun terus ditekan oleh Huawei. Kondisi ini tentunya membuat Samsung ketar-ketir.
Perusahaan yang di-blacklist AS itu menempati peringkat kedua dengan 13,5 juta unit. Raihan ini mencatat peningkatan 66,13% dibandingkan 2018 dan mengarah ke pangsa pasar 25%.
Di tempat ketiga, Apple, mengalami penurunan pengiriman. Raksasa AS itu hanya melepas 7,8 juta iPhone atau turun minus 22,73%. Sementara di tempat keempat tumbuh sebesar 33% adalah Xiaomi dengan 2,9 juta smartphone. Lalu tempat kelima diduduki HMD Global yang mengalami penjualan Nokia minus 32% dengan 2,2 juta unit.



Tetapi pertumbuhan Huawei kemungkinan akan terganjal dengan kebijakan Presiden Donald Trump. Sebab kebijakan larangan transaksi dengan perusahaan AS pada kuartal pertama 2019 belum diberlakukan.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak