alexametrics

Apakah Anda Bingung Pilih Ponsel Flagship Harga Terjangkau? Ini Panduannya

loading...
Apakah Anda Bingung Pilih Ponsel Flagship Harga Terjangkau? Ini Panduannya
Pabrikan handphone dunia tengah berlomba-lomba memproduksi ponsel unggulan dengan harga terjangkau yang disukai konsumen. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Tahun ini sejumlah pabrikan smartphone telah merilis handphone kelas flagship terjangkaunya. Hampir semuanya memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga membuat pusing konsumen dengan bujet terbatas.

Untuk menjawab masalah itu, ada baiknya publik mendefinisikan fenomena aneh dari "flagship anggaran". Pertama, kita tahu bahwa orang menginginkan ponsel terbaik yang bisa mereka dapatkan, tapi tentu saja tanpa membayar mahal seperti yang melekat pada ponsel unggulan.

Banyak perusahaan telah mengenali keinginan ini dan menemukan cara yang cerdik untuk menghadirkan ponsel dengan spesifikasi tingkat tinggi. Tapi tentunya dengan harga yang jauh lebih terjangkau.
Telepon pertama semacam itu mungkin adalah Google Nexus sendiri yang ditawarkan dengan prosesor andalan pada saat itu. Handset dilego seharga Rp4,3 juta. Kemudian, OnePlus datang dengan slogan "pembunuh flagship" dan menyusul kemudian merek Xiaomi serta Honor.
Seiring waktu, ponsel ini menjadi lebih baik dan lebih baik lagi sehingga banyak orang akhir-akhir ini lebih suka handphone seperti itu. Mereka tak lagi memilih seri unggulan utama karena sejumlah alasan.



Merujuk laman Phone Arena, berikut ini sejumlah ponsel cerdas kelas unggulan yang bisa Anda pilih dengan harga terjangkau:

OnePlus 7
Apakah Anda Bingung Pilih Ponsel Flagship Harga Terjangkau? Ini Panduannya

OnePlus tetap menjadi pilihan utama untuk flagship anggaran tahun ini. OnePlus 7 mungkin tidak cukup mengesankan seperti edisi 7 Pro yang memiliki tampilan 90-hertz, motor getaran baru dan keajaiban tiga kamera. Tetapi unit ini adalah pemain yang sangat solid dengan harga sangat wajar.

Kinerjanya terjamin karena didukung chipset Snapdragon 855, walaupun hanya memiliki sensor kamera belakang tak istimewa. Selain itu, masa pakai baterai yang mengesankan, desain kelas unggulan, dan pengisian daya super cepat. Tentu semua ini menjadi pertimbangan untuk membelinya.

Google Pixel 3a dan 3a XL
Apakah Anda Bingung Pilih Ponsel Flagship Harga Terjangkau? Ini Panduannya

Google Pixel 3a menghadirkan revolusi kecil dalam ponsel yang terjangkau dengan harga hanya Rp5,7 juta untuk 3a dan Rp6,7 juta untuk model 3a XL. Kedua gadget ini menghadirkan pengalaman ponsel kamera Pixel unggulan, sesuatu yang sama sekali tidak dimiliki oleh ponsel lain dalam kisaran harga tersebut. Jadi, jika Anda menginginkan ponsel murah dan kamera hebat, itu satu-satunya pilihan.

Google membuat beberapa "kompromi" untuk membuat harga 3a menjadi sangat terjangkau. Pertama, dalam hal gaya dan penampilan seri 3a hanya terbuat dari plastik dan tidak cukup memiliki kualitas produk yang solid.

Kedua, bezel yang pasti jauh lebih besar daripada ponsel sezaman. Semua itu memberikan ponsel tampilan yang jelas tertinggal.

Yang jelas, nilai jual lainnya ialah jaminan tga tahun pembaruan perangkat lunak yang tepat waktu. Hal ini tidak akan Anda dapatkan di perangkat lain.

Xiaomi Mi 9
Apakah Anda Bingung Pilih Ponsel Flagship Harga Terjangkau? Ini Panduannya

Xiaomi Mi 9 adalah ponsel yang paling terjangkau dengan Snapdragon 855. Perangkat memiliki fitur, desain sangat ramping, tipis, kinerja kamera yang sangat baik, dan baterai yang tahan lama.

Satu-satunya nilai minus terbesarnya adalah antarmuka khusus MIUI yang melayani iklan di negara-negara tertentu seperti India. Namun kelemahan ini tidak ditemukan di Xiaomi Eropa.

Honor View 20
Apakah Anda Bingung Pilih Ponsel Flagship Harga Terjangkau? Ini Panduannya

Honor merupakan anak usaha raksasa China, Huawei. Berbekal promosi mulut ke mulut dan tanpa fisik toko, mereka berhasil menekan harga jual. Inilah yang membuat ponsel seperti Honor View 20 menjadi lebih powerful dengan harga terjangkau.

View 20 menampilkan layar LCD 6,4 inci dan chip Kirin 980 milik Huawei, yakni chip 7nm pertama yang pernah dirilis untuk ponsel Android. Upaya Huawei selama bertahun-tahun dalam membuat chip pasti telah dibayar mahal karena Kirin 980 mengalahkan Snapdragon 845 dalam hal kinerja.

Perangkat juga menampilkan baterai 4.000 mAh yang besar dan menarik, dengan bentuk V berbeda di bagian belakang. Ponsel ini juga dilengkapi sensor Sony 48 MP sebagai kamera utama. Sensor menggabungkan empat piksel menjadi satu untuk menghasilkan gambar 12 MP dengan kinerja waktu malam yang superior.

Pocophone F1
Apakah Anda Bingung Pilih Ponsel Flagship Harga Terjangkau? Ini Panduannya

Smartphone menjadi salah satu kejutan terbesar tahun 2018 dan nilainya masih besar tahun ini. Pocophone benar-benar melebihi harapan karena bekerja sangat cepat, dilengkapi chip sistem Snapdragon 845, dan layar LCD yang cantik. Ditambah kamera yang sangat baik.

Dengan baterai 4.000 mAh, ponsel dapat bertahan 1-2 hari. Menariknya, handphone ini hanya dilego Rp5 juta.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak