alexametrics

LinkedIn Ungkap Usai Lebaran Orang Indonesia Sibuk Cari Kerjaan Baru

loading...
LinkedIn Ungkap Usai Lebaran Orang Indonesia Sibuk Cari Kerjaan Baru
Logo LinkedIn. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - Lebaran sering dipakai sebagai momen untuk mengawali sesuatu yang baik, termasuk dalam hal mencari peluang pekerjaan dan karir baru.

LinkedIn pun mengamati dan menemukan fakta bahwa ada peningkatan tenaga kerja yang pindah kantor serta cari peluang kerja baru selama lima tahun terakhir (2014-2018) usai Idul Fitri.

Hal ini dinilai memberikan dampak positif dan negatif baik dari sisi tenaga kerja atau perusahaan.



Berdasarkan pengamatan LinkedIn, ada peningkatan 9% hingga 10% pengguna Indonesia yang punya pekerjaan baru setelah Lebaran.

Disepanjang bulan Ramadhan tahun 2014 hingga 2018, angka tenaga kerja yang berpindah kantor hanya sebesar 6% - 7% saja, namun di tahun 2014 hingga 2016, peningkatan 10% terjadi di bulan Agustus.

Sedangkan di tahun 2017 - 2018 terjadi peningkatan sebesar 9% yakni pada bulan Juli.

Besarnya angka perpindahan tenaga kerja di Idul Fitri dan lebih banyak lagi lapangan kerja yang terbuka, membuat perusahaan fokus mengembangkan karyawan.

Menurut data survey, dua dari tiga karyawan akan meninggalkan perusahaan jika mereka merasa tidak di apresiasi.

Selain itu, 87% perusahaan di dunia saat ini, hanya berfokus pada masa kerja karyawan tersebut.

Angkatan kerja saat ini, menurut LinkedIn, lebih mengerti teknologi dan paham untuk memanfaatkannya bagi perjalanan karir mereka.

Peluang kerja banyak tersedia di masa Ramadhan dan setelah Idul Fitri. Untuk itulah, pengguna LinkedIn perlu memikirkan apa yang perlu diperlihatkan dalam profil profesional.

Head of Brand Marketing and Communication Southeast Asia dan North Asia LinkedIn Linda Lee mengatakan, LinkedIn berkomitmen untuk mendukung kemajuan karir pada tenaga kerja global, termasuk Indonesia agar bisa terhubung dengan peluang ekonomi yang lebih baik.

"Melalui LinkedIn, tersedia lebih dari 20 juta lowongan pekerjaan aktif yang dapat dimanfaatkan oleh para anggotanya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/6/2019)
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak