alexametrics

Mazda Bersiap Getarkan Tokyo Motor Show 2019 Lewat RX-Vision

loading...
Mazda Bersiap Getarkan Tokyo Motor Show 2019 Lewat RX-Vision
Mazda Motor Corporation pastikan akan memamerkan model konsep di Tokyo Motor Show 2019. FOTO/ Ist
A+ A-
TOKYO - Mazda Motor Corporation pastikan akan memamerkan model konsep di Tokyo Motor Show 2019. Mobil konsep Mazda ini akan menggunakan teknologi mesin bensin generasi SKYACTIV-X.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh mobil otomotif Jepang bestcarweb.jp, Model yang dikembangkan atas dasar RX-Vision dan Vision Coupe diharapkan menjadi model kelas atas terbaru dari Mazda.

Sebagai merek yang sangat identik dengan mesin rotari Wankel, Mazda tidak pernah melupakan keinginannya untuk membawa pengganti mobil sport RX-7.



RX-Vision akan membawa kembali mesin Wankel Rotary (dinamai Skyactiv-R), menunjukkan bahwa Mazda tidak pernah mengabaikan mesin ikonik ini bahkan setelah produksinya pada tahun 2012 melalui model Mazda RX-8.

Dikatakan membawa teknologi canggih dan pada saat yang sama menawarkan peningkatan pada fitur yang saat ini identik dengan mesin Rotary - penggunaan bahan bakar, kinerja, emisi, dan keandalan.

Hasil kreasi Mazda tersebut merupakan perpaduan seni modern dan nilai-nilai klasik masyarakat Jepang yang dipegang erat hingga saat ini. Melihat penampakannya, Mazda Vision Coupe Concept ini dengan sempurna bisa mewujudkan suasana elegan dan halus siapapun yang melihatnya.

Ekspresi KODO – soul in motion yang lebih matang digabung dengan estetika Jepang membuat mobil memiliki kesan yang elegan dan premium. Eksteriornya memiliki bentuk seperti "satu gerakan" yang memancarkan nuansa kecepatan. Sedangkan interiornya menggabungkan kedalaman tiga dimensi dengan sumbu membujur yang kuat untuk menciptakan ruang santai yang menjaga nuansa modern.

Sementara bentuk atletik yang dipahat bebas dan tak memiliki urat-urat tajam pada lekukan bodinya merupakan faktor kunci dalam pendekatan desain minimalis Mazda. Sorotan Semua ini menimbulkan rasa keanggunan dan keunikan Mazda yang berasal dari estetika Jepang.

Di balik keanggunannya, dua garis tegas di kap mesin, grille besar, dan headlight tipis membuat Mazda Coupe tampak garang yang mengingatkan kita pada sosok ikan hiu besar. Hingga saat ini Mazda belum mengumumkan kapan mobil konsep tersebut bakal diproduksi secara massal sehingga bisa dinikmati para penggila automotif dunia.

Hanya saja, jika nantinya akan diproduksi massal, Mazda Coupe ini dikabarkan bakal dibekali dengan mesin generasi baru berbahan bakar bensin yang dinamakan SKYACTIV-X. Mesin baru Mazda ini merupakan penyempurnaan dari mesin SKYACTIV generasi sebelumnya yang diklaim memiliki tingkat efisiensi dan performa yang tinggi.

Mazda KAI Concept ini akan menjadi cikal bakal lahirnya New Mazda3. Selanjutnya mesin SKYACTIV-X akan dipakai oleh seluruh mobil Mazda.

Bagaimana kinerja mesin SKYACTIV-X? Teknologi ini secara menyeluruh merupakan mesin pembakaran baru dari Mazda yang menggabungkan karakter mesin berbahan bakar bensin yang efisien, torsi dan respons awal yang cepat seperti mesin diesel. Dengan sistem pembakaran yang dinamakan SparkControlled Compression Ignition (SPCCI), SKYACTIV-X dibuat menjadi mesin bensin komersial pertama di dunia yang menggunakan sistem pembakaran kompresi.

Teknologi SKYACTIV-X ini menambah torsi 10-30% melebihi mesin teknologi SKYACTIV-G yang ada saat ini. Lebih jauh, sistem pembakaran kompresi ini juga memungkinkan sebuah pembakaran yang sangat ramping hingga mesin mampu melakukan efisiensi 20-30% dibanding mesin SKYACTIV-G.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak