Jalankan Misi Astrobiologi 2020, NASA Akan Tangkap Penduduk Mars

Minggu, 23 Agustus 2020 - 14:05 WIB
loading...
Jalankan Misi Astrobiologi 2020, NASA Akan Tangkap Penduduk Mars
kawah Jezero di Planet Mars tempat kediaman miktoba purba. FOTO/ IST
A A A
CALIFORNIA - Misi 2020 Badan Antariksa Amerika Serikat NASA akan mendarat di Mars di Lokasi di mana tanda-tanda kehidupan mikroba purba yang bertebaran. baca juga - Medan Magnet Bumi Terdeteksi Rusak, NASA Ingatkan akan Ada Bencana

Seperti dilansir dari Dailymail, Para ilmuwan akan menyelidiki kawah Jezero dalam misi Mars 2020, yang merupakan rumah bagi sebuah danau 3,5 miliar tahun yang lalu dan dipenuhi dengan karbonat dan silika terhidrasi.

Karbonat yang terletak di tepi bagian dalam kawah telah ditemukan bertahan dalam fosil di Bumi selama miliaran tahun dan silika terhidrasi ditemukan di delta yang dikenal karena kemampuannya untuk melestarikan tanda-tanda hayati..(Baca Juga: Wajah Rossi Pucat Lihat Motor Morbidelli Terbelah )

Misi Mars 2020 hanya akan berfokus pada astrobiologi, atau 'studi kehidupan di seluruh alam semesta', NASA membagikan dalam sebuah pernyataan.

Sebuah artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal FEMS Microbiology Ecology mengemukakan bahwa “kolonis pertama” dari planet merah seharusnya adalah ‘mikroorganisme’ dari bumi, bisa berupa bakteri, virus dan jamur yang telah menjadi bagian penting dalam mensupport berbagai proses kehidupan di planet bumi.

Jose Lopez seorang professor dari Nova Southeastern University dan juga salah satu dari penulis artikel ini mengajukan sebuah ide untuk memulai kolonisasi di suatu planet dengan terlebih dahulu mempelajari jenis-jenis mikroorganisme yang mampu mensupport kehidupan di lingkungan luar dari planet kita.

Lopez mengatakan, “Bentuk kehidupan seperti yang kita ketahui, tidak akan terbentuk tanpa bantuan mikroorganisme.”

“Untuk bisa bertahan hidup pada sebuah planet yang tandus dan juga steril, sudah seharusnya kita mengambil manfaat dari mikroorganisme untuk memulai kehidupan di sana,”

Untuk lebih jelasnya: artikel ini mengesampingkan aturan yang berisi larangan mengkontaminasi planet di luar bumi yang dibuat oleh NASA yang berlaku untuk semua program antariksa selama beberapa dekade ini — dan aturan ini tentunya dibuat dengan tujuan yang baik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)