Layanan Streaming Diminati saat Lebaran, Smartfren Bisa Jaga Kualitas Jaringan

Selasa, 18 Juni 2019 - 06:00 WIB
Layanan Streaming Diminati saat Lebaran, Smartfren Bisa Jaga Kualitas Jaringan
Layanan Streaming Diminati saat Lebaran, Smartfren Bisa Jaga Kualitas Jaringan
A A A
JAKARTA - Setiap bulan Ramadan dan Hari Lebaran, operator telekomunikasi selalu panen traffic data. Tidak terkecuali PT Smartfren Telecom, Tbk.

Tapi khusus tahun 2019, Smartfren mencatat adanya kenaikan trafik komunikasi khususnya melalui layanan streaming dan aplikasi sosial media. “Seperti yang sudah kami prediksi, di bulan Ramadan dan Hari Lebaran tahun ini akan terjadi kenaikan lalu lintas data. Dan memang benar terjadi kenaikan, khususnya di layanan streaming video. Yang kedua adalah para penggunaan sosial media," kata Sharizan Zaki Pondren, Head of Customer Experience and Analytic Smartfren.

Walaupun mengalami lonjakan traffic, pihaknya bersyukur sepanjang Ramadan hingga selesainya libur Lebaran 2019, Smartfren sukses melayani dan memberikan kelancaran komunikasi bagi setiap pelanggannya. "Selain itu, berdasarkan data yang dimiliki, mobilitas pelanggan Smartfren selama mudik dan Lebaran paling banyak terjadi di Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang," imbuhnya.

Pihaknya juga mencatat fenomena baru di tahun ini, yakni terjadi juga peningkatan arus komunikasi dan data di sepanjang jalan Tol Trans Jawa. Hal ini tidak menjadi beban karena telah diantisipasi oleh Smartfren dengan menurunkan 180 mobile BTS dan 76 kontainer di sepanjang jalur tersebut.

Sharizan menambahkan, Smartfren juga melakukan monitoring 24 jam x 7 hari dari NOC di seluruh jalur mudik, lokasi publik, dan kota tujuan pemudik. Sepanjang Ramadan Smartfren juga menghadirkan menghadirkan beragam pilihan paket kuota internet mulai dari unlimited hingga kuota super besar.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7627 seconds (0.1#10.140)