alexametrics

Hideo Kojima, Terlibat dari Hulu hingga Hilir

loading...
Hideo Kojima, Terlibat dari Hulu hingga Hilir
Hideo Kojima, Terlibat dari Hulu hingga Hilir. (Istimewa).
A+ A-
HANYA ada beberapa orang di industri gim yang memiliki kontrol kreatif yang sangat besar terhadap gim buatan mereka. Salah satunya adalah Hideo Kojima, yang menyebut bahwa sutradara gim lebih kompleks daripada sutradara film.

Tentu saja pengembangan sebuah gim, terutama di kelas AAA, melibatkan ratusan, bahkan ribuan orang yang bekerja serentak. Karena itu, bagaimana label “A Hideo Kojima Game” itu bisa ada di sejumlah gim Metal Gear, adalah sesuatu yang sangat jarang.

Berawal dari kesukaannya pada seni, coding, hingga menulis naskah, Kojima adalah orang yang memiliki keahlian dalam banyak hal. “33 tahun lalu di industri gim, tim pengembang gim dibentuk hanya dengan 5-6 orang. Mereka membuat ide konsep, menulis cerita dan spesifikasi, menggambar peta di kertas grafik, memasukkan data, membangun bahasa, dan kemudian dilanjutkan oleh developer,” sebutnya.



Kemudian, Kojima juga harus melakukan manajemen bisnis, produksi, danpromosi. “Bahkan, ketika tim menjadi lebih besar dan tugas itu dibagi lagi, cara saya membuat permainan tidak berubah, gaya independen,” ujar Kojima.

Kojima mengaku terlibat dengan segala hal, mulai dari desain cerita dan karakter hingga casting dan pencarian lokasi. Dalam katakatanya, dia mengatakan bahwa “terlibat dengan pembuatan gim dari hulu ke hilir”.

Karena itu, nama “A Hideo Kojima Game” muncul. Gim Hideo Kojima berikutnya, Death Stranding, akan dirilis pada 8 November untuk PS4, dikembangkan kurang dari tiga tahun. Itu terhitung singkat. Karena pengembangan gim kelas AAA, biasanya memakan waktu yang sangat lama.

Dan Kojima juga mengembangkan sistem baru yang belum pernah ada sebelumnya. “Saya membuat tema, suasana, cerita, karakter dan desain gim sambil membuat konsep, penjadwalan, mengumpulkan informasi, melakukan pencarian lokasi, bereksperimen berulang kali, menulis skrip, menentukan spesifikasi, casting , merancang suara, menempatkan ide-ide saya dalam basis harian dan menyesuaikan, memecahkan masalah pengeditan, dan masih banyak lagi. Itu tugas saya,” katanya. (Danang Arradian)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak