alexametrics

Facebook Hadirkan Cryptocurrency dan Dompet Digital Tahun 2020

loading...
Facebook Hadirkan Cryptocurrency dan Dompet Digital Tahun 2020
Bisnis Facebook mulai merambah ke uang dan dompet digital yang ditargetkan bisa menggantikan peran MasterCard. Foto/ist
A+ A-
MENLO PARK - Hari ini Facebook secara resmi mengumumkan proyek Libra dan Calibra. Yang pertama adalah cryptocurrency, sedangkan yang kedua adalah dompet digital yang akan memungkinkan Anda untuk melacak saldo dan mengelola transaksi.

Satu hal yang sangat penting untuk ditekankan, Libra tidak akan menjadi cryptocurrency Facebook, tapi dari organisasi nirlaba Libra Association. Faktanya, Facebook telah berkolaborasi dengan 27 perusahaan lain termasuk Iliad, Spotify, Mastercard, Vodafone, PayPal, Lyft, eBay, Pemesanan, Uber dan Visa untuk mendirikan Asosiasi Libra tersebut.

Meskipun setiap anggota asosiasi memiliki hak tunggal untuk memilih, Facebook sebenarnya memiliki dua. Sebab Calibra merupakan perusahaan yang dibuat oleh Facebook dan bagian dari asosiasi.



Dalam praktiknya ini bertujuan meningkatkan inklusifitas finansial dan melakukan transfer nilai serta pembayaran menggunakan internet. Di sini, Dante Disparte yang dideklarasikan, bertanggung jawab atas kebijakan dan komunikasi Asosiasi Libra.

Dilansir dari laman TechLapse, tujuan utama Libra adalah untuk menjamin akses ke manajemen ekonomi yang sederhana dan ekonomis pada populasi yang sedang berkembang. Raksasa jejaring sosial memperkirakan ada sekitar 31% dari populasi dunia, atau 1,7 miliar orang yang tidak dapat memercayakan keuangan dan sistem perbankan mereka karena dianggap terlalu mahal.

Dengan kata lain, penciptaan Libra dan Calibra akan merambah ke rencana terbesar yang melibatkan konektivitas internet murah melalui penggunaan cubesat di orbit Bumi.
Facebook Libra-Calibra
Sistem utama untuk mengontrol dan mengelola akun dan pembayaran melalui cryptocurrency ialah platform Calibra. Platform tersebut akan disediakan pada aplikasi Messenger, WhatsApp, Instagram, dan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri di Android dan iOS.

Facebook sendiri telah mengambil langkah-langkah untuk membuat open-source dengan lisensi Apache 2.0 di Libra blockchain. Hal itu memungkinkan setiap pengembang mengunduh kode dan membuat dompet mereka sendiri untuk dapat didistribusikan di bawah situs web atau aplikasi seluler.

Namun raksasa media sosial tersebut memiliki rencana besar untuk Calibra. Salah satu rencannya menjadikan platform yang tersedia dan diterima di layanan dan toko apa pun, baik itu secara online atau offline. Bahkan bertekad menjadi pengganti Mastercard dan Visa sebagai sistem pertukaran uang di seluruh dunia.
Facebook Hadirkan Cryptocurrency dan Dompet Digital Tahun 2020
Libra Diklaim Lebih Stabil dari Bitcoin
Ketakutan utama orang terhadap Bitcoin, Ethereum atau Criprovalute secara umum karena volatilitasnya. Nilainya dapat berfluktuasi dengan beberapa poin persentase dari hari ke hari.

Nah untuk menstabilkan dan membuatnya lebih mirip dengan mata uang tradisional, Asosiasi Libra telah memutuskan menghubungkan nilai mata uang kripto dengan cadangan aset keuangan yang konkrit. Ini akan selalu menjadi mata uang virtual terdesentralisasi berdasarkan pada blockchain, tetapi dengan keuntungan memiliki dukungan dari perusahaan kelas dunia yang besar, serta bank dan institusi.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak