Google Assistant Lebih Pintar Kenali Jenis Obat

Selasa, 25 Juni 2019 - 10:02 WIB
Google Assistant Lebih Pintar Kenali Jenis Obat
Google Assistant Lebih Pintar Kenali Jenis Obat
A A A
JAKARTA - Perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk menghadirkan asisten digital guna mempermudah memberikan informasi soal kesehatan pada layanannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yan Fossat dan Adam Palanica dari perusahaan lab Klick Health di Toronto menguji teknologi pengenalan suara dari dari Google, Amazon dan Apple untuk mengukur seberapa baik layanan mereka memahami 50 obat yang paling umum diresepkan.

Dilansir dari laman CNBC, Senin (24/6/2019) dalam pengujiannya mereka mengaktifkan Google Assistant, Alexa dan Siri lalu memutar klip audio individu dengan 46 orang berbahasa Inggris, mereka menyebutkan kalimat 'Ceritakan tentang..' yang kemudian diikuti dengan nama obat.

"Kami meninjau semua literatur, dan mengidentifikasi bidang pemahaman pengobatan yang sedang dipelajari," kata Fossat.

"Sangat penting untuk meneliti alat bantu suara ini, mengingat meningkatnya permintaan untuk mereka dalam perawatan kesehatan," imbuhnya.

Hasilnya diterbitkan dalam bentuk Jurnal berjudul Nature Digital Medicine. Dari penelitian tersebut, Google Assistant unggul 92% untuk mengetahui jenis obat-obat bermerek dan 84% obat generik.

Sementara Siri memiliki lebih dari 58% nama obat dan 51% obat generik. Terakhir asisten digital miliki Amazon, Alexa, masing-masing hanya 55% dan 46% untuk pengetahuan obat bermerek dan generik.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4384 seconds (0.1#10.140)