alexametrics

Cloudflare Sempat Down, Jaringan Internet Dunia Terganggu

loading...
Cloudflare Sempat Down, Jaringan Internet Dunia Terganggu
Ilustrasi Internet. Ist
A+ A-
JAKARTA - Cloudflare sebuah perusahaan yang menyediakan keamanan untuk situs web mengalami masalah jaringan pada Senin (24/6/2019) pukul 18.02 WIB atau 10.30 UTC

Menurut Cloudflare, mereka mengidentifikasi kemungkinan kebocoran rute yang berdampak pada beberapa rentang IP Cloudflare. "Cloudflare mengamati masalah terkait jaringan," penjelasan Cloudflare di situs web resminya pada Senin petang.

Jaringan yang menyebabkan kebocoran rute kini telah diperbaiki. Mereka mengaku akan terus memantau sebelum menganggap masalah ini terselesaikan.



"Di Cloudflare, kami berharap kejadian seperti ini tidak pernah terjadi, tetapi sayangnya, kondisi Internet saat ini tidak banyak mencegah insiden seperti ini terjadi," lanjut tulisan pada blog tersebut.

Cloudflare merupakan perusahaan AS yang menyediakan jasa penyaluran konten (CDN), pencegahan DDoS, keamanan internet, dan layanan server nama domain (DNS) terdistribusi.

Produk Cloudflare adalah perantara pengunjung situs web dan penyedia hosting pengguna Cloudflare, yang berperan sebagai reverse proxy situs web.

Dampak down-nya Cloudflare berpengaruh pada situs web yang menggunakan jasanya, termasuk Discord, Feedly, dan Crunchyroll.

Dilansir dari laman TechCrunch, Selasa (25/6/2019) CEO dari Cloudflare menyeret kambing hitam lain untuk peristiwa down ini. Melalui akun twitter-nya @eastdakota, CEO Cloudflare Matthew Prince menyebut Verizon adalah salah satu penyebab.

"Tim-tim di Verizon dan Noction harusnya sangat malu atas kegagalan mereka pagi ini yang berdampak pada Cloudflare dan sebagian besar aktivitas internet lainnya," tulis Matthew Prince. "Sangat absurd bagaimana BGP (Border Gateway Protocol) mereka begitu rapuh. Lebih absurd lagi Verizon akan menerima rute tanpa filter dasar,"
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak