alexametrics

Google Tambah Kurikulum Kenali Hoax untuk Anak

loading...
Google Tambah Kurikulum Kenali Hoax untuk Anak
Ilustrasi Hoaks. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - Google meluncurkan kurikulum bagi para pelajar berajuk 'Be Internet Awesome' beberapa tahun lalu. 'Be Internet Awesome' sendiri asalnya difokuskan untuk mengajarkan tentang keamanan di dunia maya untuk para muridnya.

Kini, Google menambah komponen dalam kurikulum tersebut yaitu literasi media.

Dikutip dari Engadget, Rabu (26/6/2019) pengembangan materi kurikulum ini dilakukan Google bersama Net Safety Collaborative. Salah satu aktivitasnya adalah mengedukasi anak-anak tentang cara mengenali kabar hoax, disinformasi dan sejenisnya dengan mengenali URL palsu atau tajuk berita yang menyesatkan.



Kurikulum mencakup kegiatan "Don't Fall for Fake" yang berpusat pada mengajar anak-anak keterampilan berpikir kritis. Kegiatan ini agar anak-anak mengetahui perbedaan antara sumber berita yang kredibel dan tidak kredibel.

Selain itu ada juga kampanye media literasi yang diajarkan dalam aktivitas 'Share with Care' yang mengajarkan anak untuk menjaga reputasi onlinenya, dan 'It's Cool to be Kind' yaitu mengajarkan soal cyberbullying.

Bersamaan dengan diluncurkannya kurikulum ini, Google juga mengumumkan kerjasamanya bersama YMCA yang akan membantu keluarga-keluarga untuk berbincang dengan anak-anak mereka seputar media sosial, cyberbullying dan disinformasi.

Kurikulum baru ini rupanya dibuat karena Google gerah YouTube sering dituduh menyebarkan informasi sesat, propaganda dan sejenisnya.

Kurikulum 'Be Internet Awesome' ini ditujukan untuk anak-anak dengan usia 7 sampai 12 tahun, dan tersedia untuk para orang tua dan pengajar.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak