alexametrics

Rumah Desain Mobil Bertone, Bukti Hubungan Erat BMW dan Italia

loading...
Rumah Desain Mobil Bertone, Bukti Hubungan Erat BMW dan Italia
Rumah Desain Mobil Bertone, Bukti Hubungan Erat BMW dan Italia
A+ A-
SIAPA sangka perusahaan mobil Jerman, BMW, ternyata punya hubungan erat dengan rumah desain mobil legendaris Italia, Bertone. Di ajang Geneva Motor Show 1970, keduanya ternyata pernah bekerja sama membuat mobil konsep bernama BMW Garmisch.

Tahun ini di ajang Concorso d’Eleganza Villa d’Este, BMW Groups kembali menghadirkan romantika kerja sama itu dengan membuat kembali mobil yang sama dengan nama BMW Garmisch Recreation Concept. Sesuai namanya, mobil ini dikreasi ulang sesuai dengan desain yang dibuat oleh creator mobil itu, Marcello Gandini.

Diketahui, Marcello Gandini pada saat membuat BMW Garmisch pada tahun 1970-an bertindak sebagai desainer utama dari rumah desain Bertone. Gandini di dunia automotif merupakan sosok instru mental. Dia merupakan creator dari mobil legendaris seperti Lamborghini Miura, Lambourghini Countach, Lancia Stratos hingga Bugatti EB110.



Bahkan, karyanya pernah ada di Indo nesia dalam bentuk Citroen BX. Menurut Gandini, BMW Garmisch dibuat guna membuktikan komitmen Bertone pada BMW akan keseriusan mereka membuat mobil-mobil spesial BMW. “Ide awalnya dari Nuccio Bertone. Dia ingin memberikan kejutan buat BMW di Geneva untuk menghargai kerja sama yang terjadi antara BMW dan Bertone,” ucap Marcello Gandini di Concorso d’Eleganza Villa d‘Este.

Senior Vice President of BMW Group Design Adrian van Hooydonk mengatakan awalnya tidak mengetahui ada sebuah mobil hasil kerja sama antara BMW dan rumah desain Italia. Namun, suatu saat dia melihat di internet lima foto BMW Garmisch yang mencuri perhatiannya. Setelah diselidiki, mobil itu merupakan kerja sama antara BMW dan Bertone. Namun, BMW sama sekali tidak memiliki mobil itu lagi.

Mobil itu benar-benar hilang dari radar BMW. “Membuat kembali BMW Garsmich merupakan kesempatan buat saya untuk menghormati apa yang dilakukan Gandini. Sekaligus merayakan kerja sama yang pernah terjadi antara BMW dan Bertone. Bagi saya, kedua alasan itu sudah cukup untuk jadi motivasi kuat untuk membuat kembali BMW Garmisch,” ucap Hooydonk.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak