7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini

Rabu, 03 Juli 2019 - 16:01 WIB
7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini
7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini
A A A
JAKARTA - Akhir-akhir ini harga motor bebek di Indonesia harga bekasnya semakin banyak peminatnya dan membuat harganya melambung tinggi. Pecinta motor yang mencari motor bebek 4 tak lawas, beralasan mesinnya yang bandel dan perawatanya yang mudah karena gunakan karburator.

Sepeda motor motor bebek pernah menjadi primadona sebelum skuter matik datang. Karena mode tranportasi ini yang paling umum dan banyak ditemuin dijalan, mulai dari jalan perkotaan sampai pelosok kampung.

Dari sekian banyak merk pabrikan sepeda motor, pasti ada salah satu yang membekas dihati ente karena banyak menyimpan kenangan.

Bahkan dari sekian banyak merk terdahulu ada yang masih dirilis versie terbarunya sampai sekarang. Beriku 7 motor bebek legendari di Indonesia:

1 Yamaha Jupiter

7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini


Jupiter layak disebut menjadi salah satu varian legenda dari pabrikan yamaha indonesia. Motor jupiter hadir sebagai pengembangan dari varian bebek sebelumnya, Crypton dan Vega, hingga menjadi Jupiter serta Jupiter Z1.

Tidak bisa di ingkari jupiter Z berhasil mendongkrak pamor Yamaha sebagai pemain utama di segmen bebek indonesia dan di pasar sepeda motor nasional. Penjualan jupiter berkontribusi baik dan DNA racing Yamaha tersalurkan melalui karakter kecepatan yang terbangun dari mesinnya hal inilah yang membuat pasar yamaha sangat terkenal.

Metamorfosis Jupiter Z dimulai pada tahun 2000. Nama awalnya Jupiter, diambil dari salah satu planet. Tiga tahun kemudian ditambahkan Z menjadi Jupiter Z di tahun 2003. Penambahan ini karena alfabet Z adalah alfabet terakhir yang diartikan sebagai Jupiter Z memiliki teknologi paling terakhir dan terkini.

2. Honda Astrea

7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini

Keluarga Honda Astrea adalah salah satu produk Honda yang laris manis di indonesia pada masanya, dengan mesin yang bandel dan juga konsumsi bahan bakar yang super irit membuat motor ini laris manis di pasar dan punya tempat tersendiri di hati Rakyat Indonesia.

Bicara keluarga Honda Astrea memang menjadi salah satu generasi penerus dari generasi Honda Super Cub hingga bertransformasi hingga menjadi Honda Supra Series.

Adapun beberapa generasi keluarga Honda bebek di Indonesia bisa di katakan memiliki jalan yang panjang dengan bergantinya model dan juga nama setiap variannya.

3. Suzuki Shogun
7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini

Shogun yang punya arti jenderal dalam bahasa Jepang ini juga punya sepak terjang panjang di Indonesia, Shogun generasi pertama ini punya bodi yang amat mirip dengan saudaranya bermesin 2 tak, Suzuki Tornado.

Karena desainnya yang mengotak, Shogun generasi awal ini dijuluki Shogun Kebo. Suzuki Shogun generasi ini punya komponen yang begitu diincar, yaitu CDI.

CDI lansiran Shindengen ini dipercaya punya kurva pengapian mantap dan tanpa limiter.

Pada awalnya hanya tersedia versi rem tromol, setahun berselang meluncur versi rem depan cakram. Hingga pada tahun 2008, Mengikuti tren mesin injeksi di sepeda motor, Shogun juga keluar versi injeksinya di tahun 2008.

Mesin injeksi Shogun FI ini dikontrol ECM (engine control modul) berdasarkan input dari intake air pressure sensor (IAP), crankshaft position sensor (CKP), Throttle position sensor (TP).

Sistem injeksi Shogun yang bernama Discharge Pump Fuel Injection (DCP-FI), punya kelebihan yaitu pompa bensin yang menyatu injektor.

Efeknya tidak perlu tekanan bensin tinggi untuk disemprot ke ruang bakar.

4. Kawasaki Kaze

7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini

Kawasaki meluncurkan Kaze ke pasar Indonesia pada Maret 1995. Kaze dalam bahasa Indonesia berarti angin.

Perakitan serta pemasaran motor ini ditangani PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Saat itu bebek andalan geng Ijo ini dilengkapi dengan mesin terbesar di kelasnya yaitu 111,6 cc.

Mampu menghasilkan tenaga 8,4 dk pada 8.500 rpm dengan torsi 9 Nm di 3.500 rpm. Transmisinya 4 speed.

Kawasaki mengklaim menggunakan teknologi superbike, yakni blok silinder yang terbuat dari aluminium.

Karburator yang dipakai, Keihin 18 mm terhitung terbesar pada zamannya.

5. Yamaha Tiara
7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini

Motor ayam jago produksi Yamaha Thailand ini hadir sekitar tahun 2000-an. Yamaha Tiara S 120 atau yang dikenal di luar negeri sebagai Yamaha J120Z / Speed MX 120. Yamaha Tiara adalah salah satu dari jajaran Ayago Legendaris yang pernah hadir di Indonesia dan menjadi trend anak-anak ABG di eranya.

6. Honda Sonic125

7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini

Cikal bakal New Sonic150R yang meluncur di Thailand ini bermesin 4-tak 125cc SOHC water cooled. Honda Indonesia mendatangkan Sonic 125 ini untuk tujuan kompetisi dimana saat itu tren motor cepat masih didominasi motor era 2-tak. Didatangkan secara Build-Up Thailand, Sonic 125 menjelma menjadi motor 4-tak dibawah 150cc yang tak diragukan kemampuannya.

7. Suzuki Raider125

7 Motor Bebek Paling Diincar di Indonesia Hingga Saat Ini

Walaupun pada tahun 2004an produk ini sudah tidak diproduksi dinegara asalnya Thailand, tetapi minat konsumen dalam negeri akan Suzuki Raider 125 cukup bagus maka pada tahun itu juga, oleh importir umum didatangkanlah secara bulat-bulat adik kandung dari Suzuki Raider 125 yaitu Suzuki Raider 150 dengan harga dipatok pada kisaran 26juta rupiah fresh from dealer.

Produk ini merupakan perbaikan dan peningkatan kapasitas mesin lebih besar dari pada sang kakak. Menyandang mesin 4 langkah kapasitas mesin 147.3cc.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7268 seconds (0.1#10.140)