alexametrics

Ini Cara HP Bantu Produktivitas UKM dan Pebisnis Rumahan Indonesia

loading...
Ini Cara HP Bantu Produktivitas UKM dan Pebisnis Rumahan Indonesia
Pemilik UKM and bisnis rumahan mendesain lebel produk secara berkelompok yang dicetak dengan printer HP Ink Tank Wireless 415. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - HP Indonesia menggelar menggelar workshop untuk memberikan pengalaman menarik dan unik bagi para UKM dan pemilik bisnis rumahan di Tanah Air. Workshop dihadiri oleh 35 pemilik UKM dan bisnis rumahan dari beragam industri, seperti party planner, ilustrator, dan pemilik brand pakaian lokal dengan tujuan memberikan pemahaman kelebihan hasil cetak dengan tinta asli, branding, dan kustomisasi.

Sektor UKM sendiri berperan penting dalam mendorong pertumbuhan yang inklusif di Indonesia. Berdasarkan data Bank Indonesia, untuk periode 2015-2018 UKM Indonesia menyerap hampir 97% tenaga kerja domestik dan 56% dari total investasi bisnis. Menariknya sebagian besar dimotori oleh generasi milenial.

Generasi milenial yang saat berjumlah lebih dari 50% populasi Indonesia sedang mengubah dinamika bisnis. Mereka membutuhkan solusi yang lebih cepat dan lebih andal untuk menekan biaya overhead.



Printer sering dilihat sebelah mata, namun para pemilik usaha harus mengetahui implikasi dari printer yang tidak efisien dan bagaimana printer yang tepat dapat memaksimalkan potensi bisnis mereka," ungkap Ellya Cen, HP Inc. Indonesia Print Category Country Manager di sela-sela kegiatan tersebut, Rabu (3/7/2019).

Pihaknya berusaha untuk dapat menjadi mitra terpercaya dan dapat diandalkan dalam menyediakan solusi yang disesuaikan bagi UKM. "Antara lain, laptop, printer, layanan-layanan terkait, dan keahlian dalam menjalankan bisnis, dengan memberdayakan tenaga kerja dan pelaku usaha melalui integrasi antara work, life, and play," sebutnya.

Sebagai bagian dari kegiatan workshop, pemilik UKM yang hadir dapat merasakan bagaimana printer dapat meningkatkan kinerja bisnis melalui kemampuan kustomisasi dan kualitas cetak yang tinggi. Para peserta diberikan tantangan untuk membuat sebuah brand produk dengan membuat label, stiker, tag, dan kemasan yang akan dicetak dengan HP Ink Tank Wireless 415.

“Sebagai party planner dan pemilik UKM, Saya terus mencari cara untuk mengelola biaya overhead. Memiliki printer yang tepat sangat penting, karena saya membutuhkan hasil cetak berkualitas dalam jumlah besar. HP Ink Tank Wireless 415 memberikan saya hasil cetak berkualitas tinggi dengan harga terjangkau,” klaim Ola Harika, pendiri Little Thoughts Party Planner yang berbasis di Jakarta.

Dikatakannya, party planner adalah industri yang berkembang di Jakarta. Industri ini menuntut kustomisasi tinggi untuk setiap pekerjaan. "HP Ink Tank Wireless 415 memungkinkan saya untuk tidak bergantung pada pihak lain dalam pengerjaan proyek, tanpa mengurangi kualitas,” cetusnya.

Sementara itu, Hadi Ismanto, ahli desain produk dan pendiri Manual Jakarta, menatakan, penggiat usaha dari generasi milenial dan konsumen perkotaan di Indonesia akan mendorong model bisnis baru. "Mengubah cara kita membeli dan mengonsumsi produk yang telah dipersonalisasi dan dikustomisasi. Desain menjadi semakin penting saat ini dan juga dapat menjadi identitas brand,” ujar Hadi Ismanto.

Berdasarkan Consumer Review Deloitte, sambung dia, konsumen bersedia membayar 10-50% lebih untuk produk yang telah dipersonalisasi. Melalui kehadiran HP Ink Tank Wireless 415, maka biaya personalisasi, perawatan, dan pencetakan menjadi terjangkau dan merupakan pilihan yang tepat untuk usaha rumahan.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak