DANA Salurkan Insentif Bagi Peserta Program Kartu Prakerja

Senin, 24 Agustus 2020 - 07:43 WIB
loading...
DANA Salurkan Insentif Bagi Peserta Program Kartu Prakerja
DANA akan menyalurkan dana insentif kepada penerima Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan program. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dompet digital Indonesia, DANA , resmi ditunjuk sebagai mitra untuk menyalurkan dana insentif bagi para peserta Program Kartu Prakerja . Penunjukan itu dilakukan oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja. (Baca juga: Kartu Pra Kerja Disebut Rentan Korupsi, Ekonom: Digital Tak Kenal Main Bawah Tangan )

Menandai kemitraan ini, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dan Vincent Iswara selaku CEO DANA, menandatangani nota kesepahaman bersama Penyediaan Layanan Jasa Penyaluran Dana Insentif Dalam Program Kartu Prakerja.

Denni Puspa Purbasari mengatakan, penguatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama daya saing bangsa di kancah global. Melalui pelatihan-pelatihan yang tersedia di Program Kartu Prakerja, SDM Indonesia yang tengah mencari pekerjaan atau yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dapat menambah kemampuan di bidang yang sesuai kebutuhan lapangan kerja saat ini. Atau memiliki kemampuan baru sesuai tren kebutuhan pasar di era digital.

Melalui Program Kartu Prakerja, lanjut dia, pemerintah membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan, mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan, dan mendorong kebekerjaan dengan mengurangi kesenjangan kebutuhan atau mismatch. Program ini juga menjadi pelengkap pendidikan formal dan membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat COVID-19.

Untuk mendukung efektivitas Program Kartu Prakerja, pemerintah membutuhkan sinergi dengan pihak-pihak swata serta segenap ekosistem terkait. Keterlibatan pihak swasta diperlukan untuk mengakselerasi terselenggaranya pelatihan-pelatihan yang relevan dengan tuntutan zaman, serta mendukung proses registrasi hingga penyaluran dana secara mudah dan aman.

"Kemitraan kami dengan DANA merupakan bagian dari kesungguhan pemerintah untuk menjadikan program ini benar-benar tepat guna melalui pendekatan digital demi SDM unggul dan Indonesia maju,” ucap Denni.

Sementara Vincent Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengatakan, ditunjuknya DANA sebagai salah satu mitra resmi merepresentasikan makin menguatnya kepercayaan pemerintah dan ekosistem terhadap kredibilitas perusahaan.

“Kami sangat antusias mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk terlibat dalam gotong-royong nasional meningkatkan kompetensi SDM Indonesia," ujarnya.

Dompet digital DANA akan menjadi paltform yang dapat diandalkan dalam menyalurkan dana insentif bagi SDM yang telah menyelesaikan pelatihannya. Bagi DANA, program ini sangat penting dan sudah semestinya untuk mendapatkan dukungan karena selain berpotensi menambah kemampuan baru juga akan memberdayakan kembali ekosistem yang melesu akibat COVID-19.

Dengan ditunjuknya DANA sebagai salah satu mitra resmi, nantinya mereka akan menyalurkan dana insentif kepada penerima Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan program. Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang sekolah/kuliah, serta mereka yang terkena dampak langsung dari pandemi Covid-19. (Baca juga: Telkomsel Hadirkan Kuota Belajar yang Bisa Bikin Emak-emak Senang )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)