alexametrics

7 Cara Terhindar Phising Ala Facebook

loading...
7 Cara Terhindar Phising Ala Facebook
Ilustrasi Facebook .FOTO/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Phishing menjadi salah satu cara lawas dari serangan siber. Teknik ini dijalankan dengan seseorang berpura-pura menjadi orang lain dan mengelabui korban. Nantinya korban akan menyerahkan informasi penting berupa data pribadi mereka.

Cara yang dipergunakan pun beragam, mulai dari mengirim pesan yang menawarkan diskon menarik untuk merek yang disukai, meminta pertolongan yang akhirnya pelaku memancing untuk mengirimkan uang atau memberikan data pribai, dan lain sebagainya

Facebook sebagai salah satu raksasa media sosial menjelaskan beberapa cara agar pengguna dunia maya terbebas dari phishing. Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/7/2019), terdapat tujuh cara menghindari phising ala Facebook:



1. Jangan berikan detail login

Detail soal login memang sebaiknya disimpan sendiri oleh pemilik akun. Meski dengan orang yang dikenal jangan pernah memberi tahu soal password atau kode penting terkait akun.

Facebook sendiri tidak pernah meminta kata sandi pengguna dalam bentuk email atau mengirimkan Anda kata sandi dalam bentuk lampiran.

2. Jangan menerima permintaan teman dari orang asing

Penipu biasanya membuat akun palsu dan mencoba untuk menjadi teman Anda. Jika Anda menerimanya, tindakan tersebut memungkinkan penipu untuk menyebarkan spam di beranda atau linimasa Anda.

3. Amankan Akun

Facebook mengingatkan penggunanya untuk mengganti password secara berkala. Cara ini dapat mencegah akun Anda dicuri penipu yang akan menggunakannya untuk menghubungi kerabat atau teman-teman Anda.

4. Tinjau aktivitas dan hapus spam

Pengguna sebaiknya terus memeriksa riwayat login untuk melihat login yang mencurigakan dan juga memeriksa aplikasi yang diinstal yang memiliki akses data ke. Hapus aplikasi yang tidak digunakan.

5. Cek fitur kemanan

Ketika Anda tidak yakin terhadap penawaran atau update yang meragukan, cek ulang keamanannya. Fitur keamanan dari Facebook menyediakan pengamanan ekstra untuk Anda.

6. Ambil tindakan dan laporkan

Facebook menganjurkan untuk melaporkan langsung jika menemukan email atau pesan dari platform tersebut yang mencurigakan.

Lebih baik juga tidak membuka email serta lampirannya. Facebook juga menyediakan tempat laporan di phish@fb.com.

Selain itu juga bisa melaporkan konten lain kepada pihak platform misalnya melaporkan percakapan dengan screenshot sebelum pengguna menghapusnya.

7. Kunjungi help center

Facebook bisa membantu korban peretasan dengan menjungi Help Center untuk mendapatkan bantuan.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak