Sensasi Balap Sedan Mewah dengan All-New BMW 530i M

Kamis, 11 Juli 2019 - 14:00 WIB
Sensasi Balap Sedan Mewah dengan All-New BMW 530i M
Sensasi Balap Sedan Mewah dengan All-New BMW 530i M
A A A
ALL-NEW BMW 530i M Performance memang istimewa. Generasi ketujuh BMW seri 5 ini mampu menggabungkan kemewahan sedan kelas atas dengan nuansa desain yang lebih sporty.

Seperti apa sosok dan performanya? All-New BMW 530i M Performance diciptakan khusus bagi pencinta automotif yang menyukai tampilan lebih individual dan nuansa balap pada BMW seri 5 terbaru.

Sedan bisnis premium ini sebenarnya merupakan line up All-New BMW 530i yang dibalut dengan menggunakan M Performance kit. Secara performa, model ini bisa dikatakan sama dengan keandalan dan kemewahan All-New BMW 530i versi standar.

Adapun yang membedakan dengan BMW 530i dengan versi M Performance ini terutama pada sisi tampilan eksterior. Sedikitnya ada 13 aksesori dari bahan-bahan premium ditanamkan pada sedan bisnis yang disebut paling sukses di dunia ini.

Di antaranya, mulai dari BMW M performance aerodynamic accessories, aerodynamics kit, carbon front left & right splitter, carbon front lip, side sill add-on, side sill film, side stripes, carbon rear diffuser , BMW M performance black grille, BMW M performance carbon mirror cover, BMW M performance carbon rear spoiler, BMW M performance forged wheels, 20 inci double-spoke 669M in matt black finish, hingga BMW M performance exhaust.

Ada banyak hal mengesankan saat menjajal mobil All-New BMW 530i M Performance, baik saat melaju di jalan tol maupun di jalanan macet Ibu Kota. Secara umum, performanya sama dengan BMW seri 5 versi standar. Nyaman dikendarai pelan, sangat enak diajak ngebut.

Bahkan, pemasangan velg 20 inch pada versi M Performance ini tidak membuat kabin menjadi berisik. Kabin tetap kedap. Bantingan suspensinya juga empuk dan nyaman. Mungkin sedikit lebih keras karena faktor ban yang tipis tapi itu pun tidak terlalu terasa.

Secara keseluruhan, mobil ini masih sangat oke seperti performa BMW seri 5 versi standar. Nah yang menarik juga adalah saat pertama menyalakan mobil. Keberadaan M perfor mance exhaust membuat suara knalpot lebih ngebass dan bergema khas suara mobil sport.

Semakin dalam pijakan gas, suara deru knalpot semakin kencang seiring dengan kecepatan mobil. Mobil ini dilengkapi mesin bensin BMW twinpower turbo empat silinder dengan double VANOS, high precision injection , inovasi BMW efficient dynamics hingga mampu memun tah kan output sebesar 252 dk dengan torsi puncak 350 Nm.

Dengan menggendong mesin berka pasitas 1.998 cc, mobil dengan transmisi otomatis Steptronic delapan percepatan ini bisa melesat dengan kecepatan 0-100 km per jam dalam 6,2 detik. Benar saja, saat melintas di jalan tol kawasan BSD, mobil ini memang sangat enak untuk diajak balapan.

Tak hanya tampilannya yang oke, suara nya yang keras telah membuat mobil ini menjadi pusat perhatian. Ada banyak kelebihan lain yang dimiliki BMW 5M performance ini.

Meski ukuran velg besar dan lebar, sedan mewah ini tetap memiliki kemampuan efisiensi bahan bakar yang baik. Saat diajak berjibaku membelah kepadatan di jalanan Ibu Kota, mobil ini masih mampu menghemat dengan konsumsi bahan bakar sekitar 11,5 km per liter.

Bahkan, saat melintas di jalan tol, salah satu sedan premium terbaik ini bisa menghemat BBM hingga sekitar 18,2 km per liter. BMW memang telah melakukan inovasi teknologi yang signifikan pada seri 5 terbaru ini.

Salah satunya, peningkatan penggunaan alu minium dan baja berkekuatan tinggi telah memangkas bobot All-new BMW seri 5 hingga 100 kg dibandingkan generasi sebelumnya.

Konsep desain ringan BMW efficient light weight—yang juga ditanam di BMW seri 7—membuat performa All-New BMW 530i meningkat dan juga hemat bahan bakar. Body -nya yang cukup bongsor (dimensi 4.936 cm X 2.126 cm) tak menjadikan mobil ini sulit diajak bermanuver, baik di jalanan padat Kota Jakarta maupun jalan tol.

Mobil ini sangat lincah dan mu dah diajak berbelok ke kiri, kanan, ataupun menyalip. Berbagai kecang gihan tekno logi yang ada di BMW seri 5 ini membuat mobil ini sangat enak dikendarai (fun to drive).

Mobil ini menyedia kan tiga mode yang memiliki cita rasa dan ciri khas masing-masing, yakni mode comfort, eco , dan sport . Saya lebih suka menggunakan mode sport, terutama jika berada di jalan tol.

Performa mobil ini menjadi “galak” bila kita memindahkan mode ke sport . Suara mesin langsung menderu. Kalau mau irit bahan bakar, kita bisa memilih mode eco. Nah yang menarik, ketika kita mengganti tiap mode, warna layar monitor digital pada spedometer juga langsung berubah.

Misalnya pada mode eco , warna layar berubah biru. Di mode eco ini, tenaga mesin memang tidak terlalu responsif. Mode comfort digunakan bila kita ingin nyaman dalam berkendara. Tidak terlalu galak, namun tetap bertenaga.

Tak hanya bagi pengemudi, mobil ini juga memanjakan penumpang di bangku belakang. Selain nyaman karena ruang kaki yang lebih luas, baris kedua juga dilengkapi dengan dua layar monitor inde penden 10,2 inchi yang dapat digunakan untuk menonton televisi, film, bermain game, dan lain-lainnya.

Ruang kabin mobil juga sangat luas sehingga tetap nyaman bisa dipakai berken dara jarak jauh bersama ke luarga. Bosan dengan kondisi macet? Tenang, mobil ini telah dijejali dengan seabrek fitur-fitur canggih yang menghibur dan memanjakan.

Sebut saja, mobil ini telah dilengkapi de ngan generasi terbaru sistem iDrive 6.0 yang bisa menam pilkan navigasi, fitur komunikasi dan hiburan, serta kondisi teknis kendaraan di layar sentuh 10,25 inchi . Ingin mende ngarkan musik, suaranya dija min sangat bagus.

Itu karena BMW versi ini telah dilengkapi dengan teknologi audio yang sangat baik dari Harmon/ Kardon. Soal interior, BMW memang tak diragukan lagi. Materialnya mewah dan berkelas. Meskipun begitu, yang agak sedikit kurang kece adalah desain nya.

Terlalu konvensional. Apalagi jika dibanding kan dengan desain interior Mercedes-Benz seri E-Class yang sudah berubah lebih modern dan sangat futuristik. Ada lagi “kecerdasan” yang ditunjukkan oleh mobil ini.

Sistem bantuan parkir pintar seperti park assist dan rear view camera yang dita namkan dalam mobil ini benar-benar memanjakan pengemudi untuk memarkirkan kendaraannya secara otomatis.

Bahkan, mobil ini bisa menemukan ruang parkir potensial pada saat dikemudikan di sekitar area parkir dengan kecepatan di bawah 33 km/jam dan ber jarak 1,5 meter dari kendaraan. Saya mencoba fitur canggih ini saat parkir di areal basement Plaza Indonesia.

Begitu menemukan lokasi parkir yang proper, saya menekan tombol park assist di konsol tengah dengan kontrol penuh pada pedal gas, rem dan tuas transmisi. Fitur rear view camera yang menampilkan kondisi real time dengan garis interaktif, kamera dan layar high-definition sangat membantu saat manuver mundur dan proses parkir.

Saya tinggal memantau proses parkir tersebut lewat control view di panel tengah. Begitu “ajaib”, mobil bisa memarkir sendiri dengan aman tanpa saya harus memegang kendali kemudi.

Masih banyak fitur-fitur canggih yang sengaja ditanamkan dalam mobil ini seperti lampu depan yang sudah berteknologi LED, BMW display key untuk memantau status dan kondisi mobil dan lain-lainnya. Harganya? Untuk All-New BMW 530i M Performance ini Rp1.477.940.000.
(Dwi Sasongko)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6663 seconds (0.1#10.140)