alexametrics

Android Q Beta 5 Bolehkan Aplikasi Akses Lokasi Anda Tanpa Izin

loading...
Android Q Beta 5 Bolehkan Aplikasi Akses Lokasi Anda Tanpa Izin
Banyak pengguna yang melaporkan kegagalan besar di bagian privasi saat menggunakan OS Android Q versi Beta 5. Foto/Giz China
A+ A-
MOUNTAIN VIEW - Beta 5 dari Android Q sudah tersedia untuk smartphone Google Pixel. Setelah jeda karena banyak masalah, tampaknya semua pengembangan OS telah kembali ke normal.

Tetapi ada banyak pengguna yang melaporkan kegagalan besar di bagian privasi. Menurut informasi terbaru, aplikasi memiliki akses tidak terbatas ke lokasi setiap saat.

Akses ke lokasi masing-masing ponsel adalah salah satu izin paling konstan yang biasanya diminta aplikasi saat memulai untuk pertama kalinya. Tidak diragukan lagi, salah satu fitur yang paling melanggar privasi pengguna dan yang biasanya dinonaktifkan. Nah, inilah tepatnya yang terjadi dengan Android Q Beta 5.



Laman AndroidPolice mengaku telah menemukan kesalahan terkini dalam beta Android Q terbaru. Yakni, aktivasi konstan lokasi di latar belakang pada beberapa aplikasi yang biasanya memiliki akses terbatas pada awalnya. Artinya, beberapa aplikasi terus mempertahankan lokasi aktif tanpa pengguna mengizinkannya.

Sebenarnya, kesalahan ini hanya memengaruhi aplikasi tempat kami mengizinkan lokasi “saat digunakan”. Ini adalah kasus untuk banyak aplikasi, jadi pengguna mungkin ingin memverifikasi izin lokasi Anda jika telah memperbarui software tersebut.

Untuk saat ini, ungkap laman Giz China, Google tidak ingin mengesampingkan kesalahan ini, tapi semuanya tampaknya menunjukkan bahwa tim Android sudah bekerja untuk memperbaikinya secepat mungkin. Jika Anda adalah salah satu pengguna yang telah mengunduh Android Q Beta 5, tindakan terbaiknya ialah memeriksa izin lokasi di semua aplikasi.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak