Microsoft Ikut Panaskan Sengketa Epic Games dengan Apple

Senin, 24 Agustus 2020 - 16:01 WIB
loading...
Microsoft Ikut Panaskan Sengketa Epic Games dengan Apple
Keputusan Epic Games memasukan sistem pembayaran game sendiri ke App Store berimbas pada penghapusan game-nya dari toko aplikasi Apple tersebut. Foto/Ist
A A A
REDMOND - Microsoft mengambil bagian dalam pertarungan pengadilan antara Epic Games dan Apple . Seperti diketahui, Epic menambahkan layar ke game populernya Fortnite yang memungkinkan pemain, bahkan mereka yang menginstal game dari App Store, untuk membayar pembelian dalam aplikasi dari sistem pembayaran miliknya sendiri.

Pembayaran yang dilakukan melalui sistem pembayaran Epic sendiri melewati sistem Apple di mana raksasa teknologi itu mengambil potongan sebesar 30%. Apa yang disebut Pajak Apple 30% sedang diselidiki oleh badan pengatur di AS dan Eropa yang akan menentukan apakah pajak tersebut antipersaingan. (Baca juga: Kabar Buruk, Apple dan Microsoft Tak Sepakat soal Proyek xCloud untuk iOS )

Microsoft Berpihak Kepada Epic
Untuk saat ini, pertempuran antara Apple dan Epic semata-mata mengenai apakah Apple memiliki hak untuk menghukum Epic dengan menghapus Fortnite dari App Store dan menutup akun pengembang Epic.

Sanksi Apple akan membuat Epic Games tidak dapat memberikan pembaruan kepada pengguna iOS dan Mac, meskipun mereka yang telah menginstal game di iPhone dapat terus bermain.

Apple mengatakan, mereka akan mengizinkan game untuk kembali dan memberikan akunnya kembali kepada pengembang. Syaratnya Epic Games harus menutup portal pembayaran dalam aplikasinya.

Laman Phone Arena melaporkan, Epic telah menggugat dan mencari perintah penahanan sementara (TRO) yang akan memblokir Apple dari menghapus Fortnite dan menutup akun pengembang Epic sampai masalah tersebut dapat diputuskan.

Menurut CNBC, Microsoft mengajukan deklarasi ke pengadilan pada hari Minggu di mana seorang insinyur senior Microsoft mengatakan, menutup akun pengembang Epic akan mencegahnya menawarkan Mesin Unreal-nya. Yang terakhir adalah mesin permainan untuk pengembang dan merupakan kerangka kerja untuk pembuatan grafik 3D.

Teknologi ini dilisensikan kepada pengembang game dengan imbalan 5% dari penjualan, meskipun biaya itu dibebaskan jika game diterbitkan di Epic Game Store. Mulai Mei lalu, Epic membebaskan bagiannya dari biaya untuk game yang dikembangkan di Unreal Engine hingga seorang pengembang mendapatkan jutaan dolar pertamanya.

Deklarasi adalah pernyataan tertulis yang disumpah sebagai kebenaran di bawah hukuman sumpah palsu oleh siapa pun yang memiliki pengetahuan tentang masalah dalam kasus pengadilan.

Kevin Gammill, Manajer Umum Microsoft untuk Pengalaman Pengembang Game, mengatakan dalam pernyataan, "Jika Unreal Engine tidak dapat mendukung game untuk iOS atau macOS, Microsoft akan diminta untuk memilih antara meninggalkan pelanggannya dan calon pelanggan di platform iOS dan macOS atau memilih mesin game yang berbeda saat bersiap untuk mengembangkan game baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3898 seconds (0.1#10.140)