Awasi Google Facebook, Australia Bikin Kantor Khusus

Sabtu, 27 Juli 2019 - 16:01 WIB
Awasi Google Facebook, Australia Bikin Kantor Khusus
Awasi Google Facebook, Australia Bikin Kantor Khusus
A A A
JAKARTA - Autralia dikabarkan akan mendirikan kantor pertama di dunia yang didedikasikan untuk mengawasi perusahaan teknologi seperti Facebook dan Google. Kantor pengawasan khusus ini dihadirkan agar negara tidak kecolongan dan kalah cepat dengan pergerakan Google, Facebook dan perusahaan teknologi lain.

Langkah ini memperketat sekrup peraturan pada platform online , sekaligus mengendealikan masalah penyebaran hoaks dan ujaran kebencian.

"Perusahaan-perusahaan ini adalah yang paling kuat dan bernilai di dunia. Mereka perlu dimintai pertanggungjawaban dan kegiatan mereka harus lebih transparan" kata Menteri Perbendaharaan Negara Australia, Josh Frydenberg, dikutip dari Irish Time, Jumat (26/7/2019).

Kemudian ia mencontohkan soal kelakuan perusahaan teknologi itu, Frydenberg menunjukkan kasus yang belum lama ini terjadi. Otoritas Amerika Serikat baru-baru ini telah mendenda Facebook dengan nilai USd 5 miliar, akibat pelanggaran privasi pengguna.

Pemerintah Australia saat ini sedang membentuk cabang khusus Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC). Badan pengawasan ini sekaligus menjadi pengawas antimonopoli, meneliti bagaimana perusahaan menggunakan algoritme dalam mencocokkan iklan dengan pengguna.

Kantor baru ini merupakan satu dari 23 rekomendasi dalam laporan ACCC, termasuk memperkuat undang-undang privasi, perlindungan untuk media berita dan kode etik yang memerlukan persetujuan pengaturan untuk mengatur bagaimana raksasa internet mendapat untung dari konten pengguna.

Proposal kantor pengawasan perusahaan teknologi dunia ini sedang dalam proses uji publik selama 12 pekan. Setelah itu pemerintah akan segera mengesahkannya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1455 seconds (0.1#10.140)