6 Tips Aman Berkendara Saat Touring

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 06:01 WIB
6 Tips Aman Berkendara Saat Touring
6 Tips Aman Berkendara Saat Touring
A A A
JAKARTA - Berbeda dengan berkendara secara tunggal atau sendirian, berkendara dalam rangkaian seperti touring membutuhkan kewaspadaan yang lebih untuk menjaga keamanan saat berkendara (safety driving).

Jika saat berkendara sendiri prioritas utama adalah keselamatan diri sendiri dan penumpang, lain halnya saat berkendara bersama komunitas, dimana setiap individu dituntut untuk dapat bekerja sama dengan anggota lainnya.

Untuk itu Chevrolet memberikan tips yang dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengadakan kegiatan touring bersama komunitas.

1. Periksa kondisi kendaraan


Terlepas dari cara mengemudikan kendaraan, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian, misalnya memeriksa kondisi lampu, oli, rem, ban dan air wiper. Selain itu, jangan lupa memeriksa kondisi ban cadangan.

Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar hingga penuh dan tidak habis sampai dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berikutnya. Kemudian memeriksa apakah ada cairan yang berasal dari kebocoran pada salah satu komponen kendaraan. Persiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek mobil.

2. Rencanakan Rute yang Akan Dilalui


Cek rute perjalanan yang akan dilalui untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, SPBU untuk mengisi bahan bakar dan bengkel untuk keadaan emergency. Juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah (GPS) untuk memastika bahwa pengendara tetap berada di arah yang benar.

Pada kedaraan SUV 7-seater milik Chevrolet, Trailblazer, sudah dilengkapi dengan teknologi dan konektivitas meliputi sistem infotainment MyLink terbaru, yang dapat tersambung dengan Apple CarPlay maupun Android Auto.

Fitur ini dapat menyediakan konektivitas dengan peta-peta digital seperti Google Maps dan Waze yang dapat membantu pengemudi memberikan panduan rute yang dibutuhkan. Cukup sambungkan ponsel iPhone atau Android pada USB port yang tersedia, pengguna langsung terkoneksi dengan fitur-fitur diatas.

3. Siapkan Barang Bawaan


Rencanakan barang-barang bawaan untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan dapat terpenuhi dan kabin serta bagasi tidak penuh sesak dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Beberapa perangkat seperti power bank, charger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper serta kotak P3K sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat.

4. Tertib Lalu Lintas

Kegiatan touring biasanya melibatkan konvoi kendaraan dalam jumlah banyak. Maka, sangat penting untuk tetap menjaga rangkaian, namun tetap harus mengutamakan peraturan lalu lintas agar tidak mengganggu kenyamanan dari pengguna jalan yang lainnya. Selain itu, rangkaian di depan sebaiknya menunggu anggota lain yang terputus karena lampu merah.

5. Jaga Komunikasi


Menjaga komunikasi tiap kendaraan anggota menjadi aspek penting saat touring, termasuk navigasi dan koordinasi dalam perjalanan agar waktu menuju lokasi tujuan sesuai dengan susunan rangkaian acara.

Fitur MyLink yang telah disematkan pada Chevrolet Trailblazer juga dilengkapi dengan Siri Eyes Free dan software pengenal suara, pengemudi dapat memberikan perintah verbal termasuk untuk melakukan panggilan telepon, sehingga tidak perlu melepas tangan dari kemudi.

6. Berhenti di Titik yang Telah Ditentukan

Selama perjalanan jarak jauh, ada banyak hal yang bisa merepotkan pengendara seperti buang air kecil atau mengisi bahan bakar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9307 seconds (0.1#10.140)