alexametrics

Mobil Berfitur Canggih Disebut Mudah Sekali Diretas

loading...
Mobil Berfitur Canggih Disebut Mudah Sekali Diretas
Mobil Berfitur Canggih Disebut Mudah Sekali Diretas
A+ A-
LONDON - Disaat semua produsen automotif berlomba-lomba menciptakan mobil listrik canggih, namun perusahaan teknologi memberi peringatan keras soal keamanan adalah masalah yang tidak boleh dianggap enteng

Seperti dilansir dari xedoisong, baru-baru ini, kelompok advokasi konsumen memperingatkan bahwa kendaraan yang dilengkapi dengan fitur mobilitas yang terhubung dengan baterai dan internet berisiko terhadap serangan peretasan.

Menurut sebuah laporan baru berjudul "Bunuh Saklar: Mengapa Mobil yang Terhubung Dapat Membunuh Mesin dan Cara Mematikannya", kelompok yang berbasis di Los Angeles itu mengatakan kerentanan itu dapat menewaskan ribuan orang setelah serangan-serangan dunia maya massal.



Tidak mengherankan bahwa kendaraan dengan fitur mobilitas yang terhubung menjadi lebih dan lebih umum saat ini, karena produsen sekarang berlomba untuk menawarkan produk-produk pintar dalam bentuk kotak roda empat.

Tanpa sistem keamanan yang memadai, sistem juga tidak memiliki mekanisme sakelar mematikan yang dapat mencegah insiden yang tidak diinginkan.



Menurut seorang informan anonim, peretas sekarang dapat mengendalikan setiap aspek kendaraan mulai dari menyalakan mesin, penyejuk udara hingga mengakses lokasi kendaraan saat ini.

Laporan ini merekomendasikan agar setiap kendaraan dilengkapi dengan sakelar khusus untuk menghentikan koneksi internet kendaraan dan mencegah sistem kritis kendaraan agar tidak terhubung ke jaringan infotainment kendaraan.

Chief executive Blackberry John Chen telah memperingatkan bahwa mobil otonom dapat diretas dan disebarkan sebagai senjata.

Chen mengatakan kendaraan ini membawa lebih banyak baris kode keamana yang lebih steril, memberikan para peretas ruang lingkup yang sangat besar untuk meretas mereka dan menyebabkan kerusakan.


BlackBerry dan Baidu membuat OS (operating system) bersertifikasi keamanan BlackBerry QNX ISO26262 ASIL-D sebagai dasar bagi platform kendaraan otonom Apollo milik Baidu.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak