Bagaimana Cara untuk Selalu Terhubung dengan Audiensi?

Selasa, 06 Agustus 2019 - 14:30 WIB
Bagaimana Cara untuk Selalu Terhubung dengan Audiensi?
Bagaimana Cara untuk Selalu Terhubung dengan Audiensi?
A A A
SETIAP jejaring sosial memang memiliki karakter dan audiensi berbeda-beda. Karena itu, brand harus paham benar bagaimana menyingkapi kekuatan dan kelemahan setiap media sosial.

Nah, khusus di Twitter, mereka memberikan sedikit panduan agar brand atau siapa pun bisa menonjol di platform mereka. Apa saja?

Fokus ke Video
Faktanya, konsumsi video di Twitter di Indonesia mengalami peningkatan 150% dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama. Fakta kedua, jumlah video yang diunggah di Twitter meningkat signifikan dan brand telah menyadari pengaruh besar konten video.

Penelitian dari Twitter menunjukkan bahwa cuitan dengan video yang menarik bisa menghasilkan interaksi dengan pengguna di Twitter 10 kali lebih banyak dibandingkan cuitan tanpa video. Yang harus dicermati, brand di Indonesia kini mulai berinvestasi dalam pembuatan video kreatif untuk mempromosikan produk dan layanan terbaru mereka. Brand juga menggunakan video untuk kebutuhan berbagi informasi dan edukasi.

Amplifikasi Lewat Kolaborasi
Berkolaborasi dengan pihak ketiga telah menjadi tren di kalangan 10 top brand di Twitter. Hal ini terlihat dari banyaknya brand yang menggunakan platform digital dan meneruskan percakapan di Twitter. Brand di Indonesia sering kali ikut berpartisipasi dalam percakapan terkait momentum atau tren tertentu untuk mempromosikan produk atau layanan terbaru dan menjangkau audiensi mereka. Samsung Indonesia (@samsungID), misalnya, mengambil langkah besar dengan kampanye interaktif mereka untuk peluncuran #GalaxyA.

Menggunakan tagar #AforLIVE #AforLIVEDanceCover, konsumen diajak untuk membuat video tarian yang terinspirasi dari grup K-pop Blackpink dengan lagu mereka berjudul Kill This Love menggunakan beragam fungsi dan fitur andalan ponsel pintar tersebut. Adapun Oppo Indonesia (@OPPOIndonesia) menarik perhatian konsumen dengan secara spesifik menargetkan peminat fotografi dan berkolaborasi dengan fotografer ternama Indonesia.

Jadi Bagian dari Percakapan
Pengguna Twitter mempunyai pengaruh besar serta sangat terbuka terhadap beragam ide, produk, dan layanan baru. Mereka senang menjadi yang pertama untuk mencoba dan membeli. Penting bagi brand untuk berinteraksi dengan pengguna Twitter dan komunitas di Indonesia guna membangun kepercayaan. Beberapa brand sudah aktif dengan konten always-on mereka sejak kuartal I/2019. Melakukan retweet dari komunitas Twitter adalah salah satu cara sederhana yang dapat digunakan untuk tetap menjadi bagian dari percakapan.

Menyasar Audiensi Tepat
Mengetahui target audiensi sering kali diabaikan ketika brand memilih strategi pemasaran yang mempertimbangkan berbagai kemungkinan berbeda (scattergun approach ) dengan harapan dapat memperbaiki tingkat brand recall dan meningkatkan penjualan. Pengguna Twitter memiliki demografis beragam.

Namun, banyak komunitas berbasis minat di Twitter yang dapat menjadi target audiensi dari suatu brand melalui produk, layanan, dan pesan mereka. Komunitas di Twitter berkomunikasi satu sama lain mengenai topik dan tema tertentu yang sesuai dengan minat mereka. Apa pun jenis percakapan dari komunitas ini, semuanya terjadi di Twitter.

Beberapa percakapan paling populer di Twitter di Indonesia yang terjadi secara real-time yaitu seputar film terbaru, musik, olahraga, dan beragam isu terkait lingkungan. Brand terus berupaya terlibat dalam percakapan di Twitter seputar tren terkini dan memanfaatkan momen penting untuk menjangkau lebih banyak pengguna di Twitter yang influensial. (Danang Arradian)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3482 seconds (0.1#10.140)