alexametrics

Begini Proses dan Cara Kerja Aplikasi Navigasi Google Maps

loading...
Begini Proses dan Cara Kerja Aplikasi Navigasi Google Maps
Begini Proses dan Cara Kerja Aplikasi Navigasi Google Maps
A+ A-
SELAIN Waze, Google Maps adalah aplikasi navigasi yang sangat berguna. Tidak hanya mencari arah atau menemukan tempat dan rekomendasi, Google Maps juga melihat lokasi dalam bentuk 3D lewat fitur Google Street View. Bagaimana cara Google melakukan hal tersebut?

Pertama, citra satelit dan Street View menjadi bagian penting untuk mengidentifikasi tempat-tempat di dunia. Keduanya menunjukkan lokasi jalan raya, bangunan, alamat, dan bisnis di sebuah wilayah beserta informasi penting lainnya seperti batas kecepatan atau nama bisnis. Pada 2007, Street View diluncurkan.

Sekitar 12 tahun sejak itu, mobil Street View dan alat trekker Google telah mengumpulkan lebih dari 170 miliar citra dari 87 negara. Trekker terbaru mereka dilengkapi sensor resolusi tinggi dan bukaan yang lebih tinggi, kualitas citra tangkapan menjadi jauh lebih baik.



Data dan citra adalah komponen kunci dalam pembuatan peta. Tetapi, dua elemen ini bersifat statis. Karena itu, ada elemen ketiga. Mereka adalah tim operasi data di seluruh dunia yang memainkan peran dalam hampir segala aspek pembuatan peta, dari mengumpulkan citra Street View dan menyaring sumber data hingga memeriksa dan mengoreksi peta kurang akurat.

Ada juga komunitas Local Guide dan pengguna Google Maps. Mereka didorong reaksi peta melalui tombol 'Kirim Masukan' dalam Google Maps. Local Guides adalah sebuah fitur Google Maps yang memungkinkan siapa pun memberikan nilai untuk suatu tempat dengan rating, menjelaskan pengalaman dengan ulasan, membagikan foto dan video, menyampaikan analisis, menanggapi pertanyaan, meng-update informasi dengan pengeditan tempat, menambahkan tempat yang belum ada, atau memverifikasi informasi.

Selain itu, ada Machine Learning yang memungkinkan tim Google mengotomatiskan proses pembuatan peta sambil menjaga tingkat akurasi yang tinggi. Google Maps telah ada di 220 negara dan digunakan 1 miliar orang.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak