alexametrics

Ford Motor Corp Rilis Shelby GT500, Mobil Terkuat

loading...
Ford Motor Corp Rilis Shelby GT500, Mobil Terkuat
Ford Motor Corp Rilis Shelby GT500, Mobil Terkuat
A+ A-
Ford akhirnya “nyemplung” ke dunia mobil bertenaga super. Ford Shelby GT500 diyakini merupakan mobil terkuat yang hadir dari keluarga Ford. Seperti apa keistimewaannya?

Ford Motor Corp akhirnya membuat sebuah mobil bertenaga besar yang bisa digunakan di jalan bernama Ford Shelby GT500. Mobil bertenaga 760 daya kuda ini merupakan jawaban Ford pada dunia mobil bertenaga super yang tengah marak saat ini. Ford memang terkesan terlambat ikut ambil bagian di dunia ini.

Saat Ferrari, Lamborghini, McLaren dan Porsche sudah menikmati gurihnya bisnis ini, Ford malah baru tahun ini meluncurkan Ford Shelby GT500. Padahal rekannya dari Amerika, Chevrolet sudah lebih dulu membuat Chevrolet Corvette C7 yang tenaganya mencapai 750 daya kuda.



Lalu kenapa selama 116 tahun Ford berdiri baru sekarang terpikir untuk membuat mobil Ford yang powerful? Sangat lama sampai-sampai Ford Mustang, sebagai basis pengembangan mobil itu, sudah sampai generasi keenam hingga kini. Sepertinya Ford memang berupaya mencari-cari celah guna membuat mobil yang bisa menggetarkan siapa saja termasuk pemilik Ferrari, Lamborghini bahkan pemilik Chevrolet Corvette C7 itu sendiri.

“Kami ingin menetapkan sebuah standar yang tinggi untuk mobil Amerika berperforma tinggi. Mesin V8 yang ada di mobil ini ditambah transmisi pintar yang pernah ada membuat mobul ini merupakan terbaik dalam hal kecepatan dan ketepatan,” ujar Hermann Salenbauch, Global Director, Ford Performance Vehicle Programs.

Dalam mewujudkan keinginan itu, Ford sebenarnya punya bekal yang lebih dari cukup. Mereka pernah begitu digdaya pada tahun 1966 di ajang balap ketahanan mobil Le Mans, Prancis dimana mobil mereka Ford GT berhasil mendominasi dan mengalahkan Ferrari. Nah salah satu bagian yang diambil dari Ford GT yang kemudian diaplikasikan di mobil baru itu adalah sitem transmisinya.

Sistem transmisi ini makin bertaji berkat kolaborasi Tremec Corporation yang mengembangkan sistem kopling ganda tujuh percepatan. Sistemnya dilengkapi dengan mekanisme yang dapat dikontrol melalui komputer. Transmisi ini diklaim meningkatkan 80 milidetik perpindahan gigi atau lebih cepat dari kedipan mata manusia.

Sistem transmisi itu akan mengalirkan tenaga 760 daya kuda ke roda belakang yang dihasilkan dari mesin V8 berkapasitas 5.200 cc. Mesin supercharged itu merupakan hasil pengembangan Ford Performance dari mesin Ford GT. Hanya saja Ford tidak merilis data resmi mengenai akselerasi mobil ini.

Hanya saja mereka mengklai dari keadaan diam hingga 100 kilometer per jam dapat diraih dalam waktu kurang dari 3 detik. Tentu saja hal ini akansangat cocok dengan karakteristik muscle car Amerika yang sering digunakan di ajang balap drag. Tapi jangan salah sangka, Ford tidak menginginkan mobil ini hanya perkasa di jalan lurus.

Mereka membuat mobil ini juga mampu menari-nari di jalan berliku. Ini makanya mereka melengkapi mobil itu dengan suspensi MagneRide yang lebih kaku dan disetting ulang untuk performa tinggi. Bagian pengereman ditingkatkan dengan rem cakram dengan ukuran kaliper 16,5 inci yang menggunakan 6 piston didepan dan 4 piston dibelakang.

Seluruh kekuatan mobil ini memang sudah sangat terasa jika dilihat dari luar. Pada bagian luar, Shelby GT500 terlihat lebih agresif dibanding Mustang biasa dengan kap mesin dengan lubang ventilasi untuk pendinginan mesin, gril besar lebar yang memasok udara segar untuk radiator dan splitter depan yang menambah downforce mobil.

Shelby GT500 akan ditawarkan dengan 2 opsi yang pertama disebut Handling Pack yang menambahkan suspensi yang dapat diatur dan sayap belakang yang dilengkapi dengan Gurney Flap. Sementara opsi yang lebih ekstrim adalah Carbon Fibre Track Package dengan velg 20 inci yang terbuat dari serat karbon dengan ban Michelin Pilot Sport Cup 2, penghilangan kursi belakang dan Sayap dan splitter belakang yang terinspirasi dari mobil balap Mustang GT4.

Ford mengklaim dengan opsi paket terakhir, Shelby GT500 memiliki downforce lebih dari Ford GT. Sayangnya di bagian interior Ford sepertinya tidak terlalu inovatif. Mereka hanya menambah unsur sera karbon di beberapa titik dan pemasangan jok Recaro. Head unit yang dipasang juga tidak terlalu menarik. Tapi toh hal ini juga sama di mobil-mobil Ferrari dengan head unit atau dashboard yang tidak terlalu fantastis.

Toh saat Carol Shelby menciptakan Ford Shelby dia sama sekali tidak fokus pada hiburan melainkan performa. Jadi mobil ini memang adalah bentuk penghargaan yang seutuhnya buat Carol Shelby. Sebuah mobil berperforma tinggi yang bisa melambungkan nama Ford di segmen mobil berkekuatan super.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak