Huawei Mate 30 Lite Dikabarkan Dikirim dengan OS HongMeng

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 13:46 WIB
Huawei Mate 30 Lite Dikabarkan Dikirim dengan OS HongMeng
Huawei Mate 30 Lite Dikabarkan Dikirim dengan OS HongMeng
A A A
SHENZHEN - Huawei telah menjadi topik utama dalam industri teknologi selama hampir satu tahun terakhir. Pertama atas hubungan buruknya dengan AS yang puncaknya Presiden Donald Trump melarang perusahaan China dari semua kontrak dengan perusahaan AS.

Kemudian itulah pabrikan China itu diam-diam telah bekerja menggarap sistem operasi (OS) alternatif Android, yakni HongMeng atau Ark. Karena itu, berita perusahaan Huawei sedang berupaya merilis sistem operasi sendiri bukanlah berita. Mereka sendiri sudah mengonfirmasinya secara resmi.

Tetapi ada beberapa laporan kontroversial mengenai maksud sebenarnya dari OS tersebut. Pertama, seorang eksekutif perusahaan mengonfirmasi bahwa OS itu dirancang untuk smartphone. Tapi muncul laporan dari eksekutif lain yang lebih senior bahwa apa yang disebut Huawei OS HongMeng diperuntukkan untuk perangkat Internet of Things (IoT). Atau bukan dibuat untuk smartphone.

Sekarang, laporan tidak resmi lagi menunjukkan OS HongMeng mungkin benar-benar debut di handphone besutan Huawei pada bulan mendatang. Laporan tersebut berasal dari kontributor Slashleaks yang mengungkap perangkat Huawei pertama dengan Hongmeng segera tiba.

Sesuai laporan, Huawei pada pertengahan September akan merilis dua varian Mate 30 Lite-nya. Salah satu varian akan dikirimkan dengan Android 10 Q dan EMUI 10 langsung dari kotak. Dan varian lain dengan Huawei HongMeng di luar kotak. Yang terakhir diperuntukkan bagi pasar internasional, sementara varian bertenaga HongMeng akan dibatasi untuk pasar China.

Laman Giz China menyebutkan, pihaknya masih belum tahu banyak hal tentang OS HongMeng. Namun segala sesuatunya akan menjadi lebih jelas segera setelah perusahaan China akan merilis rincian lebih lanjut dalam beberapa jam mendatang.

Publik juga tidak memiliki informasi untuk menunjukkan waktu yang tepat Huawei Mate 30 Lite akan debut. Padahal indikasi bahwa itu akan mendarat tepat sebelum pengenalan resmi dari Mate 30 dan Mate 30 Pro.

Laporan awal menunjukkan perangkat memamerkan layar 6,26 inci dengan desain lubang untuk kamera selfie tunggal. Dan di sisi lain, itu akan menjadi rumah pengaturan kamera empat kali lipat yang terdiri dari 48 MP, kamera 8 MP dengan fungsi yang tidak diketahui, dan dua sensor 2 MP.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0351 seconds (0.1#10.140)