alexametrics

Laporan Sebut Chip Modem 5G Huawei Tak Efisien

loading...
Laporan Sebut Chip Modem 5G Huawei Tak Efisien
Chip modem Baloong 5G juga membutuhkan RAM 3 GB dan tidak mendukung spektrum mmWave 5G. Ini merupakan salah satu masalah dari perangkat tersebut. Foto/ist
A+ A-
SEOUL - Sebuah laporan baru dari perusahaan analitik IHS Markit mengungkap bahwa chip modem 5G Huawei, seperti yang digunakan pada Huawei Mate 20 X 5G, tidak efisien dan terlalu besar. Masalah ini telah menghasilkan produksi perangkat yang lebih besar dan lebih boros energi daripada yang seharusnya.

Handset itu sendiri ditenagai oleh SoC Kirin 980 dan dilengkapi dengan chip modem Balong 5000 5G. Keduanya dirancang oleh unit Hi-Silicon Huawei, tapi diproduksi oleh pabrik perakian TSMC.

Laman Phone Arena melaporkan, satu masalah yang terungkap adalah chip modem Balong 5000 5G adalah chip modem smartphone pertama yang tersedia secara komersial untuk mendukung 5G/4G/3G/2G. Dukungan itu biasanya dianggap hal yang baik.



Persoalannya, Kirin 980 memiliki chip modem 4G/3G/2G terintegrasi yang disebut laporan "tidak digunakan dan tidak perlu" pada Mate 20 X. Chip modem Balong 5G juga memiliki ukuran cetakan 50% lebih besar (bagian dari silikon wafer digunakan untuk satu chip) daripada modem Qualcomm X50 5G dan modem Samsung Exynos 5100 5G. Chip modem Baloong 5G juga membutuhkan RAM 3 GB dan tidak mendukung spektrum mmWave 5G.

Tetapi inefisiensi ini tidak akan bertahan lama. Laporan itu mengatakan, tahun depan prosesor smartphone akan mengintegrasikan modem multimode 5G/4G/3G/2G. Terobosan itu dapat menyebabkan harga yang lebih rendah untuk handset 5G karena modem terpisah tidak diperlukan lagi.

Hal ini juga akan menghilangkan kebutuhan akan chip manajemen memori dan daya yang digunakan hanya untuk chip modem 5G. Terpenting, harga yang lebih rendah bisa menyebabkan adopsi 5G yang lebih luas.

Huawei melakukan beberapa hal dengan benar, kata laporan itu. Meskipun ada beberapa duplikasi antara chip modem Balong 5G dan modem terintegrasi di dalam Kirin 980. Sementara Mate 20 X 5G hanya bergantung pada satu modem yakni chip modem Balong 5G. Namun, handphone memiliki tuner radio 4G dan 5G yang terpisah, sesuatu yang IHS Markit harapkan akan diintegrasikan ke dalam satu radio di masa depan.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak