alexametrics

LG Gandeng LUMI Kembangkan Ekosistem Rumah Pintar

loading...
LG Gandeng LUMI Kembangkan Ekosistem Rumah Pintar
Aqara, salah satu sensor yang dikembangkan LG bersama LUMI. Foto/ist
A+ A-
SEOUL - LG Electronics dan LUMI United Technology, sebuah perusahaan penyedia solusi rumah pintar dan Internet of Things (IoT) resmi bermitra untuk mengembangkan ekosistem pintar untuk memberikan solusi IoT lebih lengkap di rumah.

Selain fokus pada inovasi yang memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), memo kesepakatan di antara keduanya mengungkap upaya pengembangan sensor lebih canggih bagi deteksi perubahan lingkungan dalam. Semisal tingkat kelembaban, temperatur, dan pergerakan pintu.

“Kemitraan strategis ini akan semakin mengembangkan ekosistem rumah yang saling terhubung dengan cara yang lebih bermakna bagi konsumen,” kata Ryu Hye-jung, Direktur Eksekutif pada LG Home Appliance & Air Solution Company Smart Home Business dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/8/2019).



Lebih lanjut dikatakan, hal ini akan memperluas solusi rumah pintar LG dalam bagian bangunan pintar dan juga kota pintar. Bentuk kemitraan ini akan membuat produk LG diperkuat Aqara yang merupakan teknologi sensor canggih milik LUMI.

Diklaim canggih karena di samping menghemat energi dan meningkatkan kenyamanan, sensor ini juga memberi peningkatan keamanan penggunaan. Sebagai contoh, sensor Aqara yang ditanamkan di dalam ruang rumah, dengan memasukkan pengaturan suhu yang diharapkan, akan membuat unit pendingin ruangan (air conditioner/AC) LG dapat mengaktifkan diri secara otomatis untuk mencapai dan mempertahankan suhu tersebut.

Di bagian lain, papar Ryu, unit dehumidifier LG dengan teknologi LUMI akan dapat melakukan pemeliharaan pakaian dengan optimal melalui penjagaan tingkat kelembaban. Sementara dalam sisi keamanan, sensor Aqara yang tertanam di produk LG yang dilekatkan pada jendela, akan memberikan notifikasi bila jendela dibuka.
Terkait dengan kemitraan ini, kedua perusahaan juga menyatakan kesiapannya untuk memberikan demonstrasi langsung pada perhelatan pameran inovasi elektronik IFA 2019 di Berlin bulan depan.
Demonstrasi tersebut akan termasuk keterhubungan speaker pintar LG WK7 dengan Aqara LED Light Bulb yang akan mengubah tingkat pencahayaan ruang ketika pemiliknya mengucapkan “Cinema Mode”.
“Kami sangat senang dapat bermitra dengan LUMI dan berbagi solusi rumah pintar terbaru kami dengan pengunjung IFA 2019,” kata Ryu.
Lebih lanjut dikatakan, visi LG dan LUMI untuk rumah yang terhubung di masa depan akan dipamerkan di IFA 2019 mulai 6-11 September di Hall 18 Messe Berlin.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak