alexametrics

VIVO S1 Harga Rp3 Jutaan Dibekali Kamera dan Spesifikasi Menawan

loading...
VIVO S1 Harga Rp3 Jutaan Dibekali Kamera dan Spesifikasi Menawan
VIVO S1 Harga Rp3 Jutaan Dibekali Kamera dan Spesifikasi Menawan
A+ A-
JAKARTA - Vivo rupanya serius menggarap ponsel di segmen mid-range di Indonesia. Dengan meluncurkan salah satu ponsel terbaru yakni vivo S1.

Masih menyasar kalangan anak muda, ponsel ini tentu dilengkapi dengan beragamfitur dan teknologi menarik dan harga yang bisa dibilang cukup ramah kantong.

Ada beberapa hal yang patut dirasakan dari vivo S1 ini. Beberapa di antaranya adalah tiga kamera di bagian belakang serta kualitas layar Super AMOLED yang dimilikinya.



SINDOnews berkesempatan menjajal untuk mengetahui lebih detail mengenai perangkat ini. Untuk mengetahui lebih detail mengenai vivo S1, berikut review selengkapnya.


Desain

Kebetulan unit yang diuji oleh SINDOnews varian warna Cosmic Green. Warna ini merupakan perpaduan gradasi warna atara hijau dan biru keunguan dibagian belakang. Ponsel ini memakai bahan Polycarbonate di bagian punggung, yang memberikan efek pantulan ketika terkena paparan cahaya.

Meski memiliki desain dan warna yang menarik, bodi vivo S1 mudah kotor akibat jiplakan jari pengguna. Jadi disarankan untuk menggunakan casing atau pelindung agar ponsel tetap bersih.

Vivo S1 tampil dominan dengan sudut-sudut membulat dengan garis batas yang tergas, memisahkan body bagian depan dan belakang. Pada bagian punggung terdapat konfigurasi tiga kamera yang tersusun secara vertikal dan flash LED.

Di bagian samping kiri terdapat tombol volume dan tombol power, sedangkan di kanan ada slot kartu yang bisa diisi dengan dua buah kartu SIM Nano dan satu micro SD. Serta dilengkapi dengan tombol asisten digital.

Pada bagian atas ponsel ini tak ada port, lubang atau fungsi tambahan. Ssedangkan di sisi bawah terdapat port audio 3,5mm, lubang microfon, port USB mikro dan gril speaker.

Vivo S1 memiliki bobot 179 gram dengan ketebalan bodi yang lumayan yakni 8,13mm. Meski begitu ponsel ini cukup nyaman digenggam.

Layar

Pabrikan asal Tiongkok ini membekali S1 dengan layar Super AMOLED berukuran 6.38 inci, resolusi resolusi FHD+ (1080×2340p), aspek rasio 19.5:9 dan rasio to body 89%. Tampilannya tajam dan jernih berkat kedalaman warna 270ppi. Dengan spesifikasi ini, aktivitas multimedia seperti menonton YouTube dan drama korea terasa lebih puas.

Masih bicara pengalaman multimedia, Vivo S1 memiliki kualitas speaker yang lumayan. Kenapa lumayan? sebab suara yang dihasilkan tak begitu detail, tapi juga tidak sember. Untuk pengalaman audio yang jelas, volume harus berada di atas 50%.

Dari segi pelindung layar, vivo S1 minim Corning Gorilla Glass, bisa dilihat dari hadirnya film tambahan sebagai pelindung layar. Namun ini tak mengurangi kenyamanan saat menggunakan sebab sudah Super AMOLED.

Yang menjadi unggulan dari smartphone ini adalah teknologi sidik jadi yang tertanam di dalam layar (in-display fingerprint) seperti layaknya smartphone flagship masa kini. Vivo menyebutnya sebagai Screen Touch ID. Fitur ini membuat desain bodi belakangnya tampak bersih dan rapi, serta waktu membuka ponsel yang jauh lebih cepat.

Vivo S1 dilengkapi dengan tombol asisten digital di perangkatnya. Dengan tombol ini, pengguna bisa mengaktifkan Jovi Wisdom untuk mengidentifikasi peta, aktifkan perintah suara, dan fungsi praktis lainnya.

Sedangkan untuk menemukan Shorcut Center Anda hanya perlu geser ke atas, di sana akan ada recent app dan beragam toggle button seperrti Dark Mode, Eye Protection, Flashlight, Bluetooth dan banyak lainnya.

Performa

Vivo menanamkan chipset Mediatek MT6768 Helio P65,yang dikawinkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal yang cukup ebsar yakni 128GB. Selain andal ‘otak’ vivo S1 juga efisien karena menggunakan teknologi fabrikasi 12 nanometer (nm).

Pengukuran performa ponsel dilakukan melalui aplikasi AnTuTu dan Geekbench. Hasilnya bisa dilihat dalam tangkapan gambar di atas.

Saat pengujian melalui Antutu, penulis juga melakukan Stress Test untuk menguji ketahanan dan kestabilan smartphone S1. Dilihat dari grafik performa, kinerja perangkat tergolong moncer untuk melakukan berbagai pekerjaan alias multitasking.

Vivo S1 mengadopsi sistem operasi Android 9.0 yang dilapisi antarmuka FunTouch OS 9.0. Software ini mengemas beberapa fitur seperti Dark Mode dan Game Turbo Mode untuk menyajikan pengalaman gaming yang lebih dalam.

Beralih ke baterai, walau belum mengadaptasi USB Type-C, vivo S1 hanya butuh sekitar 2 jam untuk mengisi baterai smartphone yang kapasitasnya 4.500mAh ini hingga penuh. Dengan catatan posisi baterai ponsel setidaknya berada diposisi 5-7%. vivo S1 sendiri mengusung Dual-Engine Fast Charging pada 18W.

Penggunaan saat baterai penuh 100% bisa digunakan cukup lama, namun saat digunakan terus menerus durasinya berkurang bahkan tidak sampai 12 jam.

Kamera

Bagi sebuah smartphone kelas menengah, kelengkapan kamera Vivo S1 ini cukup mewah. Ada triple kamera di belakang sebagai kamera utama dengan kualitas 16MP f/1.78 (wide) + 8MP f/2.2 (ultrawide) + 2MP f/2.4 (depth sensor).

Secara keseluruhan, triple kamera pada bagian belaknag menghasilkan gambar yang cukup bagus, apalagi untuk memotret luar ruangan pada siang hari dengan kondisi cahaya yang melimpah. Warna yang dihasilkan begitu tajam, tanpa mengabaikan keseimbangan kontras.

Fokusnya juga bekerja dengan baik, termasuk saat memotre objek dengan jarak dekat. Namun saat pengujian, kadang kala kamera smartphone ini agak susah menemukan titik fokus yang berada di depannya. Padahal sudah dilengkapi dengan PDAF(Phase Detection Autofocus), yang berfungsi untuk membuat kamera dapat fokus pada objek dengan lebih cepat

Selain itu, saat digunakan dalam kondisi kurang cahaya apalagi dalam ruangan, noise dari lampu masih sangat terasa. Karena memang tidak ada night mode dalam ponsel ini.

Sedangkan kamera depannya yang terbenam dalam sebuah notch, memiliki resolusi 32MP dengan bukaan f/2.0. Kamera depan yang menjadi andalan ponsel ini, memiliki fitur pendamping yang cukup lengkap.

Ada pilihan efek pencahayaan ketika memotret. Dan, sederetan pilihan AI Face Beauty. Meski tidak diaktifkan, kamera depan ini sudah menangkap dan mengolah gambar dengan baik.

Kamera depan vivo S1 juga dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti seperti AI Selfie Lighting, AR Stickers, AI Filter, dan fitur lain memberikan pengalaman berswafoto jadi lebih menyenangkan.

Kesimpulan

Yang menjadi highlight selama SINDOnews menjajal vivo S1 adalah fitur kemamanan yang sangat mudah digunakan, sebab dengan in-display fingerprint Anda tak perlu rebot-repot mencari tombol untuk membuka ponsel. Selain itu pengalaman multimedia yang cukup baik, karena sudah menggunakan layar Super Amoled.

Terakhir, performa dan daya tahan baterai yang cukup tangguh, membuat ponsel ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Apagi bagi kamu yang melakukan banyak hal mulai dari pekerjaan, bermain game, dan aktivitas multimedia lainnya.

Dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga Rp 3.599.000, rasanya vivo S1 pantas dimasukan sebagai salah satu ponsel terbaik pada kisaran banderol Rp 3 jutaan.

Spesifikasi Lengkap Vivo S1

Layar :6.38 inci, rasio aspek 19,5:9.

Resolusi layar: Full HD Plus 1080 x 2340

Kamera Belakang: 16 megapiksel f/1.78, 8 megapiksel f/2.2 super wide angle 120 derajat, 2 megapiksel sebagai depth sensor.

Kamera depan: 32 megapiksel

Chipset: MediaTek Helio P65

RAM: 4 GB

Memori: 128 GB

Baterai: 4.500 mAh, dual engine fast charging 18 watt.

Konektor: microUSB 2.0, 3,5mm jack audio

Biometrik: Screen touch ID

Sistem operasi: Android 9 Pie dan antarmuka FunTouch OS 9.0.

Warna: Skyline Blue dan Cosmic Green

Harga: Rp 3,6 juta
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak