alexametrics

Logitech G903, Tetikus yang Dirancang untuk Gamer Profesional

loading...
Logitech G903, Tetikus yang Dirancang untuk Gamer Profesional
Logitech G903, Tetikus yang Dirancang untuk Gamer Profesional
A+ A-
WALAU terkesan lambat, perkembangan teknologi perangkat aksesori komputer ternyata cukup laju. Hal itu dipicu maraknya segmen gaming yang memang menuntut aksesori dengan kualitas, fitur, serta akurasi yang tinggi.

Salah satunya tetikus (mouse) komputer untuk gaming, Logitech G903. Dengan banderol Rp2.390.000, jelas tetikus ini menyasar segmen spesifik, mereka yang menginginkan akurasi, fitur, dan ketepatan saat menggu nakan tetikus, yakni gamer, atlet e-sports, atau desainer dan editor.

Logitech adalah brand yang sangat populer di kalangan gamer karena kualitas produk mereka yang “bukan kalengkaleng”. Sementara mereka juga sudah berfokus ke segmen gaming lewat departemen Logitech G.



Kanan-Kiri Sama!

Pertama kali mengeluarkan Logitech G903 dari dus, saya cukup kaget dengan banyaknya tombol di tetikus ini. Jika tetikus biasa hanya punya tombol klik kanan, klik kiri, dan roda (scrool wheel), Logitech G903 masih punya tiga tombol tambahan. Ukurannya kecil-kecil tapi krusial karena memiliki fungsi berbeda-beda.

Tersedia 11 tombol pemrograman untuk bermain gim yang akurat. Selain itu, Logitech mengurangi kebisingan lebih dari 90% dari suara klik pada tetikus komputer biasa. Jadi, pengguna bisa mengklik tetikus komputer sesuka hati tanpa takut mengganggu rekan di sampingnya.

Dari sisi desain, tetikus warna hitam itu memang bertampang khas perangkat gaming. Desain bodinya melengkung, ukurannya cukup besar, dan sangat futuristik sehingga membuat genggaman lebih mantap dan nyaman. Bagian atasnya juga dibalut bahan yang tidak mudah selip.

Yang unik, Logitech G903 adalah tetikus ambidextrous yang dapat digunakan di kiri atau kanan. Ini berbeda dengan tetikus ergonomis standar yang menyesuaikan tangan. Menjadi tantangan sendiri untuk mendesain tetikus yang nyaman untuk kedua tangan.

Kustomisasi Tombol


Logitech G903 disebut menyasar segmen spesifik karena tetikus ini memiliki ruang besar bagi penggunanya untuk melakukan kustomisasi. Sebaliknya, pengguna biasa mungkin tidak ingin repot melakukan hal tersebut karena tidak ada alasan bagi mereka untuk melakukannya.

Kustomisasi itu mengatur gerak scrool wheel. Di moda resistance free, kita bisa lebih mudah saat berselancar web karena putaran rodanya sangat cepat. Sebaliknya, bisa berganti moda lain untuk menunjang gaming.

Teknologi Nirkabel Terbaik

Biasanya gamer akan memilih tetikus dengan kabel karena mereka butuh akurasi tinggi supaya tidak berurusan dengan input lag, latensi, serta response time rendah. Namun, Logitech G903 disebut-sebut sebagai Best Wireless Gaming Mouse 2019 dengan report rate 1 milidetik.

Meski nirkabel, kualitasnya tidak berbeda dengan tetikus yang menggunakan kabel. Ini berkat sensor DPI 200-12000 dengan PMW3366 optical sensor. Logitech juga sudah menggunakan konektor baru berteknologi lightspeed wireless connection 2,4 Ghz sehingga bisa dipakai di jarak 10 meter.

Untuk menambah performa, Logitech menggunakan teknologi Logitech Advanced Optical Tracking. Teknologi ini membuat tetikus bisa digunakan pada berbagai permukaan. Di bagian bawah bodi, tetikus komputer untuk gaming wireless Logitech hanya membutuhkan sebuah baterai AA.

Dengan teknologi hemat daya, tetikus ini bisa digunakan lebih dari 32 jam. Uniknya, Logitech juga merilis tatakan Logitech Powerplay Wireless Mouse Mat yang membuat Logitech G903 bisa diisi daya secara nirkabel.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak