Inilah Para Jawara Inovasi Bidang Geospasial di EIUC 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:53 WIB
Inilah Para Jawara Inovasi  Bidang Geospasial di EIUC 2019
Inilah Para Jawara Inovasi Bidang Geospasial di EIUC 2019
A A A
JAKARTA - Pemenang penghargaan GeoInnovation diumumkan di Indonesia pada hari ini tanggal 22 Agustus 2019 di acara geospasial terbesar di Indonesia, Esri Indonesia User Conference (EIUC) yang diselenggarakan di Raffles Hotel Jakarta.

Ajang penghargaan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia untuk industri geospasial dan bertujuan untuk menampilkan inovasi geospasial yang menginspirasi di Indonesia. Acara ini memberikan penghargaan kepada organisasi publik dan privat atas teknologi geospasial yang mereka gunakan secara inovatif dalam mengatasi tantangan dunia nyata di industri dan masyarakat.

Penghargaan diserahterimakan oleh Jack Dangermond, Pendiri dan Presiden dari perusahaan raksasa pemetaan global Esri, Dr. A. Istamar, CEO Esri Indonesia, dan Leslie Wong, selaku Direktur Pelaksana Esri South Asia.

Penghargaan bergengsi tersebut diberikan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Pertamina Hulu Energi.

“Para pemenang Penghargaan GeoInnovation menunjukkan bagaimana teknologi geospasial adalah kunci dalam memungkinkan terjadinya transformasi digital, membangun organisasi yang lebih progresif, dan menciptakan komunitas yang lebih aman,” kata Dr. Istamar.

"Mereka menguji sejauh mana teknologi geospasial dapat digunakan untuk memecahkan beberapa masalah yang sangat mendesak dan nyata terjadi, yang tidak dapat diselesaikan dengan cara biasa," katanya.

“Kepemimpinan mereka yang dapat ditindaklanjuti dan pendekatan mereka untuk berpikir maju terhadap transformasi digital benar-benar luar biasa, dan kami di Esri Indonesia meyakini bahwa upaya mereka akan berkontribusi dalam menginspirasi masyarakat mengenai pola pikir spasial.

Proyek pemenang Penghargaan GeoInnovation meliputi:


1. DKI Jakarta

Jakarta Satu adalah inisiatif dari Komunitas Cerdas pemerintah DKI Jakarta, yang bertujuan untuk memanfaatkan teknologi geospasial guna mengintegrasikan, menganalisis, dan menyebarluaskan data spasial dalam rangka mendukung pembuatan kebijakan publik berbasis data. Hal ini juga untuk memastikan bahwa perkembangan kota yang sedang berlangsung dapat membuat kehidupan warganya lebih baik, hari ini dan di masa depan.

2. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)


Sebagai bagian dari upaya untuk menyelaraskan pengelolaan data spasial dengan kebijakan One Map, Unit Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian ESDM mengembangkan platform Web-GIS yang disebut ESDM One Map Indonesia dengan menggunakan ArcGIS Enterprise yang menawarkan informasi spasial tentang potensi geologis, lapangan kerja, data hulu migas dan infrastruktur daya.

Aplikasi tersebut saat ini mengelola lebih dari 100 lapisan data spasial yang bersumber dari berbagai sektor dalam ESDM, termasuk Minyak dan Gas Bumi, Mineral dan Batubara, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Listrik, Geologi, dan Penelitian dan Pengembangan. Tidak hanya menyajikan data dalam dasbor yang tanggap, aplikasi tersebut juga menyediakan penyebaran data resmi untuk Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi, Wilayah Izin Usaha Pertambangan, Wilayah Kerja Geotermal, Infrastruktur Listrik, Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi, dan Potensi (Sumberdaya dan Cadangan) dari Energi Terbarukan dan Geologi yang Baru. Aplikasi ini akan meningkatkan transparansi informasi bagi masyarakat serta membantu pejabat berwenang untuk membuat keputusan yang tepat.

3. Pertamina Hulu Energi (PHE)


Terdapat 60 area kerja PHE aktif dari perbatasan paling barat ke timur Indonesia, dengan semua blok diharapkan menghasilkan sekitar 80.000 BOE. Akuisisi area kerja baru yang substansial selama tiga tahun terakhir menjadi PHE sebagai salah satu perusahaan minyak terbesar di Indonesia. Secara operasional, hal ini berarti bahwa perusahaan harus memproses data dalam jumlah besar dari berbagai sumber. PHE XD World merupakan platform infrastruktur geospasial di mana pengguna PHE dapat mengakses semua informasi yang terkait dengan aset yang mereka butuhkan. Sistem ini dirancang untuk penilaian dan akses yang cepat juga langsung (di bawah permukaan tanah, bagian produksi, fasilitas di permukaan tanah, akuisisi, dll.)


4. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)


BMKG menciptakan aplikasi Prakiraan Lalu Lintas Cuaca yang inovatif. Aplikasi ini merupakan produk informasi cuaca yang dihasilkan dari sistem NDF (Prakiraan Digital Nasional) yang akan berfungsi sebagai produk darat utama untuk berbagai pulau besar di Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan Kalimantan. Aplikasi ini menjadi bagian dari inisiatif Innovation 4.0 milik BMKG yang melibatkan penggunaan lanjutan GIS untuk memproses data IoT, menggabungkan Big Data Analytics dan Artificial Intelligence.

Acara EIUC yang mempertemukan lebih dari 600 profesional dan pemangku kepentingan merupakan konferensi geospasial terbesar di Indonesia hingga saat ini.

Menurut Dr. A. Istamar, Esri Indonesia bekerja sama dengan organisasi di berbagai industri untuk memelihara komunitas spasial yang tumbuh di negara ini.

Sebenarnya, sebelum EIUC diselenggarakan, Esri Indonesia telah menjadi tuan rumah bagi kelompok industri yang dihadiri banyak orang pada kelompok sumber daya alam yang terdiri dari minyak dan gas Bumi, pertambangan dan perkebunan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8680 seconds (0.1#10.140)