alexametrics

Hilangkan Penamaan Makanan, Google Sebut Android Q sebagai Android 10

loading...
Hilangkan Penamaan Makanan, Google Sebut Android Q sebagai Android 10
Hilangkan Penamaan Makanan, Google Sebut Android Q sebagai Android 10
A+ A-
MOUNTAIN VIEW - Google telah mengumumkan rilis sistem operasi (OS) Android berikutnya dengan nama kode Android Q yang akan disebut sebagai Android 10. Perusahaan juga memperkenalkan perubahan desain pada logo Android dan maskotnya.

Dengan rilis Android 10, perusahaan meninggalkan penggunaan skema penamaan makanan penutup alfabet untuk rilis Android utama. Hal ini dilakukan untuk membuat nama-nama lebih mudah diakses di lebih banyak pasar, karena sebelumnya tidak semua orang mengenal nama-nama yang dipilih Google.

Perubahan lainnya sedang dilakukan untuk logo Android dan maskot. Robot Android telah menjadi maskot perusahaan sejak rilis pertama. Selama bertahun-tahun, robot berubah warna dari hijau kekuningan, ke hijau lemon dan sekarang akhirnya menjadi hijau kebiruan.

Dilansir dari laman GSM Arena, Google mengatakan, perubahan warna lebih dari sekadar estetika dan sejalan dengan kebijakan perusahaan untuk membuat Android lebih mudah diakses. Warna hijau sebelumnya tidak terlihat oleh orang-orang dengan kebutaan warna, dan kebutaan hijau-merah adalah jenis kebutaan warna yang paling umum. Dengan menambahkan lebih banyak warna biru ke hijau, itu meningkatkan visibilitas bagi mereka yang tidak dapat melihat warna dengan benar.



Google juga memperkenalkan beberapa warna lain yang akan digunakan bersama Android Green baru (# 3ddc84), yang meliputi Biru (# 4285f4), Blue Marine (# 073042), Oranye (# f86734), Chartreuse (# eff7cf), dan warna langit biru. Ini akan digunakan untuk hal-hal seperti aset visual dan pengemasan, serta dirancang agar terlihat jelas oleh kebanyakan orang sambil juga saling melengkapi.

Logo robot Android juga diubah. Teks atau tanda kata sekarang memiliki font yang berbeda, lebih melingkar dan banyak kelengkungan cocok dengan kelengkungan robot itu sendiri. Kepala robot sekarang menjadi bagian dari logo Android dan akan muncul setelah tanda kata Android atau di atasnya, tergantung pada konteksnya.

Google membuang sisa tubuh robot dan kepala adalah satu-satunya bagian yang sekarang akan terlihat dalam branding. Kepala juga telah sedikit diubah, dengan mata dan antena diposisikan ulang untuk tampilan yang lebih ramah.

Seperti wordmark, kelengkungan robot Android akan mencerminkan aspek-aspek lain dari desain UI ke depan karena dimasukkan dalam pedoman desain material saat ini. Warna yang dibahas sebelumnya juga akan ditampilkan dengan jelas.

Publik seluler dapat melihat perubahan ini di Android 10 saat rilis akhir tahun 2019.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak