Bumi dalam Keadaan Bahaya, NASA Minta Semua Lakukan Ini

Senin, 26 Agustus 2019 - 16:37 WIB
Bumi dalam Keadaan Bahaya, NASA Minta Semua Lakukan Ini
Bumi dalam Keadaan Bahaya, NASA Minta Semua Lakukan Ini
A A A
NEW YORK - Badan Antariksa Amerika Serikat NASA telah memastikan bahwa Asteroid besar akan melnghujam ke bumi 14 September 2019. Bintang jatuh merupakan fenomena yang umum terjadi. Namun, tidak semua meteorit atau asteroid habis terbakar selama memasuki atmosfer bumi. Jika itu terjadi, bukan tidak mungkin akan menimbulkan bencana.

Atas ancaman itulah, Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) dari Amerika Serikat (AS) berulangkali memperingatkan pentingnya memitigasi bencana jatuhnya meteorit atau asteroid. Lembaga tersebut bahkan menyatakan meteor merupakan ancaman nyata terhadap kelangsungan hidup di bumi. BACA JUGA: 19 Hari Lagi, NASA dan Space X Peringatkan Keadaan Bumi Genting

Peringatan ini bukan isapan jempol. Pada 2013 bongkahan batu luar angkasa berukuran 17-20 meter dan berbobot 11.000 ton menabrak bumi dan meledak di Rusia hingga melukai 1.500 orang. Ledakannya dahsyat dan 26-33 lebih besar dibanding ledakan nuklir di Hiroshima. Gelombangnya bahkan membuat alarm stasiun pengawas di Antartika berdering. Peristiwa ini diperkirakan terjadi setiap 60 tahun sekali.

“Ancaman ini nyata. Peristiwa ini bukan seperti di film Hollywood. Kita harus melindungi planet bumi yang menjadi satu-satunya planet yang dapat dihuni manusia,” ujar Administrator NASA Jim Bridenstine dalam Konferensi Pertahanan Planet di Washington DC, AS,

NASA tidak pernah berhenti melakukan penelitian mengenai cara menghentikan, menghindari, atau meminimalisasi dampak jatuhnya meteorit atau asteroid. Bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Federal (FEMA), NASA pernah merilis dokumen 18 halaman berjudul Rencana dan Strategi Penanganan Objek di Dekat Bumi.

“Dampak jatuhnya meteorit atau asteroid merupakan salah satu skenario yang perlu kita persiapkan. Kemungkinannya memang kecil, tapi konsekuensinya besar,” ujar Kepala Cabang Koordinasi Nasional FEMA Leviticus Lewis. Antisipasi dampak meteorit atau asteroid dimulai dengan peningkatan akurasi ramalan meteor.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6996 seconds (0.1#10.140)