Kata Menkominfo Soal Insfrastruktur Internet di Ibu Kota Baru

Senin, 26 Agustus 2019 - 19:02 WIB
Kata Menkominfo Soal Insfrastruktur Internet di Ibu Kota Baru
Kata Menkominfo Soal Insfrastruktur Internet di Ibu Kota Baru
A A A
JAKARTA - Tepat pada Senin (26/8/2019) siang ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menetapkan lokasi ibu kota negara baru yakni di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara Kalimantan Timur (Kaltim).

Lalu bagaimana dengan jaringan telekomunikasi termasuk internet di ibu kota baru tersebut? Menteri Komunikasi dan Infomatika Rudiantara menjawab model pembangunan infrastruktur jaringan di Kalimantan masih harus dibicarakan dengan operator.

Cara tersebut berkaca pada pembangunan Palapa Ring dengan model Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Kita bicarakan dengan operator, mau bangun tidak. Tapi dengan syarat operator kalau mau bangun harus dibuka kepada operator lain. Konsep harus sharing," kata Rudiantara di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Menkominfo mengatakan pihaknya akan melakukan pertemuan dengan operator untuk meningkatkan jaringan telekomunikasi di Kalimantan.

"Nanti ada khusus pertemuan dengan operator untuk membahas rencana di Kalimantan. Namanya bukan Palapa Ring, tapi bentuk Palapa Ring khusus untuk Kalimantan," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkap, nantinya infrastruktur jaringan akan dibangun di bahu jalan yang telah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Salah satu yang dimanfaatkan adalah jalan yang dibangun Kementerian PUPR di perbatasan. Batas Indonesia dengan Malaysia itu kurang lebih 300 KM, di bahu jalan kita akan bangun fiber optik, sehingga nanti Kalimantan ring-nya akan semakin bagus," pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7370 seconds (0.1#10.140)