Apple Mulai Tahun Depan Produksi Seri iPhone 12 di India

Rabu, 26 Agustus 2020 - 07:31 WIB
loading...
Apple Mulai Tahun Depan Produksi Seri iPhone 12 di India
Kantor Apple. FOTO/ ist
A A A
CUPERTINO - Dalam upaya mendiversifikasi fasilitas produksinya dan mengurangi ketergantungan pada China, Apple tampaknya telah mengalihkan fokusnya ke pasar India.(Baca juga: Logam Mulia, Perhiasan, dan Lemak Hewan Bikin Neraca Dagang Luber )

Setelah perusahaan asal Cupertino itu mulai memproduksi iPhone 11 di India, seri yang akan datang juga dapat diproduksi di negara tersebut.

Dilansir dari laman Gizmochina, Selasa (25/8/2020), sebuah spekulasi muncul bahwa Apple mulai memproduksi model seri iPhone 12 "Made in India" mulai pertengahan 2021.(Baca juga: 9 Hakim dan Pegawai Reaktif COVID-19, PN Jakpus Lockdown

Proses manufaktur diprediksi berlangsung di pabrik Narasapura baru di Bengaluru, yang dioperasikan oleh perusahaan Taiwan Wistron - produsen kontrak untuk Apple.

Dilaporkan juga bahwa Apple menginvestasikan sekitar 2.900 Rupee India atau setara dengan Rp 5.7 miliar karena tampaknya akan mempekerjakan sekitar 10.000 karyawan. Sementara proyek baru sedang dikerjakan di pabrik ini dengan fasilitas yang diharapkan mulai berproduksi dalam beberapa bulan mendatang.

Ini adalah pabrik yang berbeda dari yang digunakan oleh Apple untuk merakit model iPhone 11 dan iPhone XR. Kedua ponsel ini diproduksi oleh Foxconn di pabrik di Chennai, yang juga diharapkan mulai membuat model iPhone SE 2020 mulai tahun ini.

Jika model iPhone 12 diproduksi di India, harganya bisa lebih rendah karena Apple bisa menghindari pajak impor 22 persen pada perangkat. Patut diperhatikan mengingat harga Apple iPhone di India termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikabarkan sebelumnya, seri iPhone 12 yang akan datang, acara peluncuran resminya ditunda beberapa minggu, seperti yang dikonfirmasi oleh Apple.

Laporan menunjukkan bahwa peluncuran dapat dilakukan pada 12 Oktober, dengan pre-order yang dimulai pada minggu yang sama dan pengiriman varian reguler dimulai seminggu setelahnya.

Namun, tidak semua model diharapkan dijual bersama. Dilaporkan bahwa iPhone 12 akan tersedia untuk dibeli pada bulan Oktober, sementara varian lain termasuk iPhone 12 Pro, akan mulai dijual di November.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)