Nokia Sabet Gelar Ponsel yang Paling Cepat Update Android

Kamis, 05 September 2019 - 00:07 WIB
Nokia Sabet Gelar Ponsel yang Paling Cepat Update Android
Nokia Sabet Gelar Ponsel yang Paling Cepat Update Android
A A A
MOUNTAIN VIEW - Ponsel Android milik Nokia, menjadi ponsel dengan pembaruan sistem operasi (OS) yang paling kencang dibanding produsen lain seperti Samsung dan pabrikan lainnya.

Mengutip dari The Verge, Rabu (4/9/2019) Counterpoint Research menemukan bahwa 96% ponsel Nokia yang terjual sejak rilis Android Pie telah dikirimkan bersama atau telah diperbarui ke iterasi Android terbaru.

Sedangkan pabrikan lain seperti Samsung, Xiaomi, dan Huawei persentasenya masih berada di kisaran 80%. Adapun Lenovo dan Oppo persentasenya di bawah 50%, sementara LG, Vivo, dan pabrikan lainnya di bawah 20%.

Pembaruan OS yang lamban memang menjadi masalah bagi setiap pengguna Android. Bahkan ponsel sekelas flagship pun tidak menjamin dapat menjalankan versi terbaru Android.

Tidak seperti iPhone, yang cenderung mendapatkan dukungan dari Apple selama empat tahun atau lebih, bahkan ponsel Android yang paling mahal pun cenderung mengalami penurunan setelah dua atau tiga tahun.

Bahkan ponsel Pixel buatan Google pun hanya dijanjikan mendapat dukungan pembaruan OS selama tiga tahun.

Google pun berusaha memecahkan masalah ini. Kini raksasa teknologi asal Mountain View ini sudah membuat perubahan untuk mempermudah para pabrikan memberikan pembaruan OS secara cepat. Mereka juga mewajibkan para pabrikan untuk setidaknya memberikan pembaruan keamanan selama dua tahun.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0333 seconds (0.1#10.140)